Pemberlakuan Ganjil-Genap Tunggu Keputusan Pemprov DKI soal PSBB

Pemberlakuan Ganjil-Genap Tunggu Keputusan Pemprov DKI soal PSBB
JAKARTA | 4 Juni 2020 10:14 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Direktorat Lalu Linta Polda Metro Jaya belum bisa memastikan sampai kapan ditiadakannya kebijakan Ganjil-Genap (Gage). Pihak Dirlantas masih menunggu keputusan Pemprov DKI Jakarta bakal memperpanjang atau tidak penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang berakhir hari ini.

"Untuk Gage selama ini di tiadakan, karena aturan PSBB di Jakarta tahap ketiga ini akan berakhir hari ini dan kita masih menunggu dari pemerintah apakah diperpanjang atau tidak," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (3/6).

Kebijakan ganjil genap itu baru bisa diaktifkan kembali apabila aturan PSBB di Jakarta tidak diperpanjang. Namun narasi tersebut belum valid lantaran masih menunggu keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Sampai hari ini Gage di Jakarta belum berlaku, kita masih menunggu keputusan Gubernur terkait PSBB dulu," ujar dia.

Oleh karena itu, pihak Dirlantas Polda Metro Jaya belum bisa melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI terkait kebijakan ganjil genap tersebut.

"Jika PSBB diperpanjang maka otomatis peniadaan gage kita perpanjang, tetapi kalau nanti kebijakan tidak diperpanjang maka kita akan mengadakan rapat dengan instansi terkait khususnya Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menentukan, apakah tanggal 5 atau tanggal 6-nya gage itu akan diberlakukan kembali," ujarnya.

Sebelum mengaktifkan kembali kebijakan tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu terhadap masyarakat atau para pengendara yang khususnya melewati jalur-jalur yang menerapkan Gage.

"Tentunya jika diberlakukan kembali menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui ganjil-genap kembali diberlakukan," tutupnya.

Diketahui, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta berkahir pada 4 Juni 2020. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum bisa memutuskan, apakah PSBB tersebut akan berakhir atau diperpanjang. (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5