Pemilihan Wagub DKI Dikebut, DPRD Siapkan Prosedur Pencegahan Corona

Pemilihan Wagub DKI Dikebut, DPRD Siapkan Prosedur Pencegahan Corona
JAKARTA | 25 Maret 2020 07:40 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - DPRD DKI Jakarta bersikeras melaksanakan pemilihan Wakil Gubernur kendati dalam kondisi rawan penyebaran virus Corona. DPRD mengklaim protokol keamanan kesehatan telah disiapkan saat pelaksanaan pemilihan.

Anggota panitia pemilihan S Andyka mengatakan semua pihak yang berkepentingan akan diperiksa suhu tubuh sebelum memasuki lobi gedung DPRD. Politikus Gerindra itu menuturkan tingkat keamanan anggota ditingkatkan dengan memberikan masker dan sarung tangan.

"Masuk di ruang paripurna kita berikan masker, sarung tangan dan sebagainya," ujar Andyka, Rabu (25/3).

Dia menuturkan sebelum hari pemilihan tiba, ruang paripurna, tempat pemilihan Wakil Gubernur telah disterilisasi dengan cairan disinfektan. Tidak hanya ruangan, Andyka juga menuturkan setiap anggota dan hadirin sebelum masuk ke ruangan akan disemprot disinfektan. Menurutnya, standar pencegahan penyebaran Corona telah diterapkan.

"Kemudian saat mau masuk ruang rapat paripurna penyemprotan desinfektan satu tubuh seperti yang ada alatnya di Kemenhan, Surabaya, masuk, nanti saat udah steril masuk ke lobi sudah dalam keadaan steril sebadan," ucapnya.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta memutuskan untuk menunda pemilihan terhadap calon Wakil Gubernur DKI yang dijadwalkan pada Senin 23 Maret. Penundaan ini berdasarkan perkembangan penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di Jakarta.

Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi menuturkan penundaan dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Yang jelas, kata Prasetyo, rapat paripurna pemilihan Cawagub akan digelar hingga kondisi penyebaran Covid-19 terkendali.

"Ditunda saja dulu, kalau kondisi sudah membaik tinggal kita paripurnakan saja," ujar Prasetyo, Jumat (20/3).

Politikus PDIP itu menuturkan, segala persyaratan untuk pelaksanaan pemilihan telah terpenuhi. Sehingga menurutnya, penundaan pemilihan tidak akan merubah segala proses apa pun.

"Yang pasti penundaan ini merupakan langkah mitigasi kami di DPRD DKI Jakarta," ucapnya.

Dua calon Wakil Gubernur yakni Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis sebelumnya telah selesai melakukan tahapan wawancara dengan panitia pemilih (Panlih). Seusai tahapan wawancara, keduanya tinggal menunggu proses pemilihan oleh anggota DPRD pada Senin 23 Maret. (mdk/noe)

Baca juga:
PDIP Klaim Fraksi di DPRD DKI Minta Pemilihan Wagub Segera Digelar
PKS Kritik Surat Mundur Riza Patria dari DPR, Anggap Tak Sah Jadi Cawagub
PKS Heran Panitia Ngotot Gelar Pemilihan Wagub DKI Pekan Ini
Dampak Covid-19, Pemilihan Wagub DKI Ditunda
Dua Cawagub DKI Optimis Proses Voting Sesuai Jadwal
Dua Cawagub DKI Jalani Wawancara Tertutup dengan Panlih, Pemilihan Digelar 23 Maret

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami