Pemkot buat aturan soal ojek online, angkot di Depok batal mogok

Pemkot buat aturan soal ojek online, angkot di Depok batal mogok
JAKARTA | 28 Maret 2017 19:29 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Aksi mogok 12 ribu sopir angkutan kota Depok batal dilakukan. Rencananya, mereka akan berdemo pada Kamis (30/3) besok.

Batalnya demo setelah Pemerintah Kota Depok menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Depok No 11 tahun 2017 tentang Angkutan Orang dengan Sepeda Motor. Perwal itu dibuat setelah berkordinasi dengan beberapa pihak terkait.

Ketua Forum Komunikasi Angkutan Kota Depok (FKAKD) Maryono mengatakan, dengan dikeluarkannya Perwal tersebut, mereka memutuskan batal melakukan unjuk rasa dan mogok operasi sebagai bentuk penolakan keberadaan angkutan online. Dalam Perwal tersebut terdapat beberapa aturan semisal ojek online dilarang untuk memarkir kendaraannya di badan jalan, bahu jalan dan trotoar jalan

"Juga larangan ojek online menaikkan dan mencari penumpang di kawasan terminal," katanya, Selasa (28/3).

Selanjutnya, ojek online juga dilarang menaikkan penumpang di badan jalan yang telah dilayani trayek angkutan kota. Perwal ini mengatur ojek online agar tidak mengacak-acak penumpang di rute dan trayek angkot. "Di luar itu, masih banyak titik yang bisa dipakai untuk mereka cari penumpang," paparnya.

Terkait dengan aksi mogok yang batal dilakukan pihaknya juga telah memberitahukan hal tersebut kepada semua sopir angkot. "Kami juga sosialisasikan ke seluruh sopir angkot anggota forum kami untuk membatalkan rencana aksi unjuk rasa, " tambahnya.

Meski demikian sejak adanya transportasi online, lanjutnya, beberapa supir angkot menuturkan memilih untuk gulung tikar. "Sepi tarikan. Ada sekitar 20 persen yang gulung tikar, karena sepi penumpang. Kemudian penurunan pendapatan juga dirasakan," ucapnya.

Dirinya menjelaskan meski Perwal sudah diterbitkan pihaknya akan terus mengawal aturan kebijakan tersebut. "Perwal itu buat kami lega namun kami berharap kendaraan online jangan mengacak acak soal trayek," tutupnya. (mdk/lia)

12 Ribu sopir angkot Depok siap turun ke jalan demo angkutan online

Bima Arya minta semua angkutan online setop dulu di Bogor

Bima Arya pastikan tidak ada pembakaran angkot di Bogor

Polisi bantah ada bentrok susulan angkot Bogor dengan ojek online

Demo sopir angkot bikin repot warga Bogor

Sudah 2 pekan, driver Grab yang ditabrak sopir angkot masih koma

Polisi tangkap sopir angkot tabrak driver ojek online di Tangerang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami