Pemprov DKI Bagikan 100 Tanaman Lidah Mertua di CFD

JAKARTA | 22 September 2019 13:03 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membagikan 100 tanaman sansievieria atau lidah mertua kepada pengunjung di Spot Budaya Taman Dukuh Atas Sudirman Jakarta. Selain itu mengurangi polusi, pemberian lidah mertua ini bersamaan dengan 17 tahun hari bebas kendaraan bermotor.

"Itu dari Dinas Kehutanan Pemprov DKI, katanya punya kemampuan mengisap polutan-polutan di udara," kata Kepala Seksi Bidang Pengaturan Pemanduan Bidang Pengendalian Operasional Dinas Perhubungan DKI Jakarta Kelik Setiawan di Jakarta, Minggu (22/9).

Dia menjelaskan, untuk mendukung 17 tahun hari bebas kendaraan bermotor, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bertugas untuk menyiapkan lahan bagi warga untuk melakukan kegiatan di ruang publik sepanjang Jalan M.H Thamrin hingga Jalan Sudirman, Jakarta Pusat.

"Kita pastikan bersama dengan pihak kepolisian, mulai pukul 06.00- 11.00 WIB tidak ada kendaraan yang melintas. Kecuali kendaraan ramah lingkungan dan angkutan publik," ujarnya.

Seperti dilansir dari Antara, Kelik mengungkapkan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta turut memastikan angkutan publik yang memasuki wilayah 'car free day' merupakan kendaraan yang berbahan bakar gas.

"TransJakarta juga kita pilah, yang berbahan bakar solar tidak diperbolehkan melewati lingkungan CFD selama acara berlangsung, hanya yang berbahan bakar gas yang boleh," kata Kelik.

Inisiator Car Free Day Ahmad Safrudin mengatakan, dalam perayaan 17 tahun Hari Bebas Kendaraan Bermotor ini diharapkan warga DKI Jakarta semakin sadar untuk mengurangi polusi melalui penggunaan angkutan publik dan mengurangi penggunaan pribadi kendaraan bermotor.

"Harapannya warga Jakarta lebih sadar untuk mengurangi polusi dengan cara berjalan kaki untuk jarak pendek atau menggunakan kendaraan bebas polusi seperti sepeda bisa juga pakai kendaraan umum seperti TransJakarta," tutupnya.

Baca juga:
Pemasangan Instalasi Sekolah Aman Polusi di Cilincing
Pemkot Jakut Bongkar Pabrik Arang Ilegal di Cilincing
Data AirVisual, Jakarta Posisi Ketujuh Udara Terburuk di Dunia Pagi Ini
Pemprov DKI Diminta Cari Solusi Jangka Panjang Atasi Limbah Pabrik di Cilincing
4 Tempat Usaha Peleburan Timah di Cilincing Jakarta Utara Ditutup
Limbah Bakar Arang & Peleburan Timah Bikin Polusi, Pabrik di Cilincing akan Disanksi
Anies Baswedan Minta Pabrik yang Cemari Udara Jakarta Ubah Metode Produksi

(mdk/fik)