Pemprov DKI Bersiap Sekolah Tatap Muka

Pemprov DKI Bersiap Sekolah Tatap Muka
JAKARTA | 26 November 2020 12:36 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih melakukan persiapan aktivitas belajar mengajar secara tatap muka di sekolah. Persiapan dilakukan setelah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan izin belajar secara tatap muka di masa pandemi Covid-19.

"Kami sedang mempersiapkan kesiapan pembukaan sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI, Nahdiana, Kamis (26/11).

Namun, Nahdiana tidak merinci lebih lanjut sekolah mana saja yang akan dilakukan sebagai uji coba belajar tatap muka.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menerbitkan Keputusan Kepala Dinas tentang penerapan protokol kesehatan di sekolah. Keputusan ini berlaku jika sekolah kembali menerapkan belajar mengajar secara tatap muka.

"Keputusan Dinas ini mengatur tentang protokol kesehatan jika sekolah dibuka," ujar Kepala Bidang SMP-SMA Dinas Pendidikan DKI Muhammad Husin, Jumat (13/11).

Kendati adanya Keputusan Dinas Pendidikan, Husin memastikan saat ini belum ada sekolah di DKI yang menerapkan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

"Sampai saat ini sekolah masih ditutup dan untuk membuka sekolah akan ada pemberitahuan yang mengatur hal tersebut," tuturnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta menerbitkan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Nomor 1130 tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Covid-19 di Sekolah dan Institusi Pendidikan Lainnya.

Keputusan Dinas tersebut terbit dengan memperhatikan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan covid-19 pada sekolah dan institusi pendidikan lainnya

Kemudian, surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19.

Atas pertimbangan tersebut, Disdik memutuskan menetapkan pedoman pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19 di sekolah dan institusi pendidikan lainnya

"Pedoman pelaksanaan protokol pencegahan covid 19 di sekolah dan institusi pendidikan lainnya meliputi ; a. ketentuan tentang pembelajaran tatap muka di sekolah dan institusi pendidikan lainnya dan, b. ketentuan tentang warga sekolah dan institusi pendidikan lainnya," demikian diktum kedua yang dikutip merdeka.com.

Pedoman pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19 di sekolah dan institusi pendidikan lainnya sebagaimana dimaksud pada diktum ke-2 tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala Dinas Pendidikan.

Keputusan Dinas ditandatangani oleh Kepala Dinas Nahdiana pada 9 November. (mdk/fik)

Baca juga:
Mendikbud Sebut Kunci Pembukaan Sekolah Tatap Muka Ada di Orang Tua Siswa
VIDEOGRAFIS: Regulasi Sekolah Tatap Muka
Satgas Covid-19 Ingatkan Sekolah Tatap Muka Harus Utamakan Keselamatan Siswa
Satgas Ingatkan Tempat Pendidikan Bisa Jadi Klaster Covid-19 Jika Tak Patuhi Prokes
15 Sekolah Menengah di Garut Mulai KBM Tatap Muka Terbatas
Jadwal Sekolah Tatap Muka di Kota Bekasi Mulai 11 Januari 2021

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami