Pemprov DKI Klaim Sudah Bangun 20 Taman Pengendali Banjir

Pemprov DKI Klaim Sudah Bangun 20 Taman Pengendali Banjir
anies baswedan. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi
JAKARTA | 25 November 2020 10:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan terdapat puluhan taman maju bersama yang telah dibangun sejak 2019 sampai 2020. Anies mengatakan, puluhan taman tersebut juga berfungsi sebagai ruang pengendali banjir di Ibu Kota.

"Telah dibangun 20 taman maju bersama sebagai ruang pengendali banjir di Jakarta. Saat hujan deras, akan tergenang dengan rata-rata air 30-50 centimeter dan akan surut 1-3 jam," kata Anies melalui unggahan di media sosial instagram @aniesbaswedan dikutip Liputan6.com, Rabu (25/11).

Dia melanjutkan, 20 taman tersebut dapat menampung volume air sebanyak lebih 75 ribu meter kubik atau setara dengan 30 kolam renang standar olimpiade. Saat musim kemarau, area cekungan di taman dapat digunakan sebagai ruang publik tambahan.

Lalu, saat musim hujan sebagian area cekungan itu akan terisi air hujan dan menjadi kolam. Sedangkan pada saat musim hujan ekstrim seluruh area cekungan pada taman terisi penuh dengan air hujan.

Sementara itu, BPBD DKI Jakarta masih terus melakukan persiapan untuk antisipasi banjir di Ibu Kota. Salah satu yang dipersiapkan yakni terkait tempat pengungsian berdasarkan protokol kesehatan Covid-19.

"Kita sudah minta kepada para wali kota untuk menyiapkan lokasi pengungsian yang lebih banyak. Kalau bisa hotel bintang satu dan dua, juga lokasi seperti wisma itu disiapkan," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Sabdo Kurnianto dalam video YouTube Pemprov DKI Jakarta, Jumat (6/11).

Dia menjelaskan hal tersebut berdasarkan instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar para pengungsi mendapatkan lokasi yang nyaman hingga saat pandemi Covid-19. Selain itu, Sabdo menyatakan tidak akan membuat pengungsi dengan cara penyekatan guna meminimalisir penyebaran Covid-19. Hanya saja, lanjut dia, para pengungsi akan dipisahkan setiap keluarga.

"Bagaimanapun kita berupaya memanusiakan mereka. Kalau bisa memang mereka masing-masing menempati satu kamar baik di GOR, di wisma, ataupun hotel itu lebih baik," ujar dia.

Berikut sebaran 20 taman maju bersama di Jakarta:

Jakarta Barat

- Taman Kampung Baru

Jakarta Selatan

- Taman Warung Sila
- Taman Alang-alang
- Taman Papyrus
- Taman Panjang
- Taman Betawi Ngumpul

Jakarta Utara

- Taman Rorotan Nusa
- Taman Sungai Kendal
- Taman Sarang Bungau
- Taman Ketapang
- Taman Bintaro

Jakarta Timur

- Taman Kamboja
- Taman Ceria Ciracas
- Taman Pulau Lestari
- Taman Kampung Jati
- Taman Setapak
- Taman Pojok Ceria
- Taman Kasia
- Taman Pinang
- Taman PPA 1

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com (mdk/gil)

Baca juga:
4 RT di Jakarta Tergenang Banjir Rob
Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Distribusikan Masker hingga Buku Panduan
Pembuatan Sumur Resapan Dangkal untuk Tampung Air Hujan
Terdampak Banjir Rob, Warga Muara Baru Dievakuasi
14 RT di Jakarta Utara Tergenang Banjir Rob
BMKG Ungkap Tiga Hal Perlu di Waspadai DKI Jakarta Saat Musim Hujan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami