Pemprov DKI Optimis Penyerapan APBD 2018 di Atas 90 Persen

JAKARTA | 21 November 2018 14:12 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta, Tuty Kusumawati optimistis Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dialokasikan di Dinas PPAPP pada tahun ini bisa terserap hingga di atas 90 persen.

Dia mengatakan, di Tahun Anggaran (TA) 2018 Dinas PPAPP mendapatkan alokasi APBD sebesar Rp 280 miliar yang mayoritas digunakan untuk belanja tidak langsung.

"Saat ini, serapan sudah mencapai 84 persen. Hampir sama dengan penyerapan pada periode yang sama di tahun lalu," katanya seperti dilansir dari Beritajakarta.id, Rabu (21/11).

Tuty menjelaskan, tahun ini Dinas PPAPP melaksanakan sebanyak 14 program dengan 72 kegiatan, baik berupa lokakarya maupun pendidikan dan pelatihan (Diklat).

"Semuanya masih on the track. Kita bersyukur, penyerapan di Dinas PPAPP sudah cukup tinggi," tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku terlalu berbelitnya proses pembayaran menjadi satu faktor penyebab rendahnya serapan anggaran Provinsi DKI Jakarta di akhir tahun 2018.

Menurutnya, banyak kontraktor yang memilih menagih pembayaran di akhir dibanding menagih setiap tiga bulan sekali harus menagih ke Pemprov DKI.

"Rupanya untuk mengurus pembayaran itu prosesnya berbelit, sehingga yang mengerjakan memilih menagihnya di ujung saja, sekaligus, daripada menagih tiap 3 bulan," ujar Anies di kawasan Sungai Ciliwung, Kramatjati, Jakarta Timur, Minggu (11/11).

Baca juga:
Tak Persoalkan Pansus DPRD, Anies Juga Segera Periksa Penyerapan Anggaran di BUMD
Sekda Akan Lapor Anies Soal Pansus PMD di DPRD DKI
DPRD DKI Bentuk Pansus Selidiki Realokasi Anggaran di BUMD
Penjelasan Anies Terkait Rendahnya Serapan Anggaran
Pemprov DKI ajukan Rp 16,3 miliar untuk karang taruna
Naik Rp 4,1 triliun, Pemprov DKI ajukan Rp 87,3 triliun untuk APBD 2019

(mdk/fik)

TOPIK TERKAIT