Pemprov DKI Perintahkan PAL Jaya Bangun Septic Tank di Tanjung Duren

JAKARTA | 8 Oktober 2019 08:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta berencana memberikan subsidi untuk merehabilitasi septic tank milik warga sebesar Rp1 milliar di tahun 2020. Anggaran subsidi tersebut dari Dinas Sumber Daya Air (SDA) yang dikucurkan ke BUMD DKI, PD PAL Jaya.

"Jadi masyarakat yang mau mengganti septic tank ada subsidi dari pemerintah. Disiapkan untuk subsidi dari pemerintah kira-kira Rp10 Milliar," kata Dirut PD PAL Jaya, Subekti saat dihubungi, Senin (7/10).

Dalam subsidi ini nantinya masyarakat dapat membayar lebih murah dalam rehabilitasi septic tank. Subekti mengatakan, akan melakukan survei besaran subsidi yang akan diberikan kepada masyarakat.

"Karena konsepnya subsidi berarti kan ada porsi yang dibayarkan oleh warga yang menerima manfaat itu. Berapa pun nilainya, nanti hasil survei wilingnes to pay mereka berapa," paparnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf mengajukan anggaran sebesar Rp166,2 Milliar dalam kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon sementara (KUAPPAS) untuk rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2020.

Dia menyebut anggaran tersebut untuk pembangunan septic tank komunal. Sebab saat ini terdapat sejumlah masyarakat yang membuang limbah kotoran manusia ke kali.

"Kalau yang Rp166 Milliar kita bangun septic tanknya aja. Nanti baru disambung ke pembuangan-pembangunan limbah milik warga," kata Juaini saat dihubungi, Senin (7/10/2019).

Septic tank komunal itu diperuntukkan untuk masyarakat yang tinggal di daerah sempit. Dia menyebut septic tank itu layaknya berbentuk tangki-tangki.

"Dari beberapa kepala keluarga, pembuangan itu kita jadikan satu. Langsung kita olah di septic tank komunal, baru pembuangannya kita alirkan ke sungai," ucapnya.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
PDIP Minta Anies Gunakan Dana Operasional Bangun Septic Tank di Tanjung Duren
DKI Sebut Anggaran Pembuatan Septic Tank Dimasukkan di RAPBD 2020
Cerita Mama Jay 16 Tahun Hidup Tanpa Septic Tank di Tanjung Duren
Cerita Warga Tanjung Duren Pasrah Tinggal di Lingkungan Tak Sehat Tanpa Septic Tank
Pancasila Tidak Cukup Bila Kesenjangan Masih Merajalela

(mdk/fik)