Pemprov DKI Pertimbangkan Buka Kegiatan Masyarakat Secara Bertahap

Pemprov DKI Pertimbangkan Buka Kegiatan Masyarakat Secara Bertahap
Wagub DKI Buka Kemungkinan Jalur Road Bike di GBK. ©2021 Merdeka.com
JAKARTA | 2 Agustus 2021 18:49 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta mempertimbangkan membuka kegiatan masyarakat secara bertahap setelah melihat realisasi vaksinasi dosis pertama di Ibu Kota sudah mencapai 7,5 juta.

"Unit-unit yang ingin dibuka salah satu syaratnya harus ada vaksin. Saya kira itu usulan yang baik yang terus akan kita pertimbangkan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (2/8).

Dia menjelaskan, beberapa kegiatan masyarakat misalnya untuk transportasi sudah dilonggarkan salah satunya dengan syarat sudah divaksin.

"Nanti tempat lain akan kami pertimbangkan jadi usulan yang memang perlu kami diskusikan bersama Pemerintah Pusat, para ahli, pakar, mudah-mudahan dalam waktu dekat," jelasnya.

Menurutnya, memungkinkan untuk melakukan pembukaan bertahap mencermati realisasi lebih dari 7,5 juta vaksinasi di DKI Jakarta.

"Kami sudah mencapai 7,5 juta artinya persentasenya sudah cukup tinggi. Itu sebagai syarat sangat memungkinkan karena keberhasilan vaksin sudah tinggi," terangnya seperti dilansir dari Antara.

Politikus Gerindra itu menjelaskan ada usulan dari masyarakat terkait pembukaan secara bertahap kegiatan masyarakat tersebut untuk memastikan kegiatan ekonomi berlanjut, mengingat pelaksanaan vaksinasi yang dipercepat.

Sebelumnya, Epidemolog Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono menilai vaksinasi lengkap dengan dua dosis disertai protokol kesehatan baru bisa mengurangi penularan kasus Covid-19 di DKI Jakarta.

"Dua kali suntikan, tidak bisa satu. Kalau pun dua kali suntikan, bukan berbicara soal 'herd immunity' tapi pengurangan kasus," kata Tri Yunis Miko Wahyono di Jakarta, Selasa (27/7).

Sementara itu, berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta per 1 Agustus 2021, realisasi vaksinasi dosis pertama di Ibu Kota mencapai 7,59 juta atau 86,2 persen dari target vaksinasi 8,81 juta. Sedangkan realisasi vaksinasi dosis kedua mencapai 2,71 juta atau sudah 30,8 persen. (mdk/fik)

Baca juga:
Ganjar Tunggu Pemerintah Pusat Soal Perpanjangan PPKM Level 4
Operasi Aman Nusa II Lanjutan Berakhir Hari Ini, Polri Tangani Ribuan Kasus
Wagub DKI Dapat Info Ada Sekolah Gelar Tatap Muka di Masa PPKM Level 4
Pengusaha Mal Minta Pemerintah Subsidi 50 Persen Gaji Karyawan Selama Satu Tahun
Menkes: Puncak Kasus Covid-19 Sudah Terlampaui, Terutama Pulau Jawa
Kemenkes Temukan Lonjakan Kasus Covid-19 di Luar Daerah PPKM Level 4 Jawa-Bali

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami