Pemprov DKI Siapkan Pedoman Belajar Siswa Terkait Isu Terkini di Masyarakat

Pemprov DKI Siapkan Pedoman Belajar Siswa Terkait Isu Terkini di Masyarakat
JAKARTA | 26 Oktober 2020 14:37 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah pedoman bahan belajar atau rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) guru untuk para siswa SD hingga SMA ataupun sederajat. Dinas Pendidikan DKI Jakarta berencana memasukkan materi berdasarkan isu terkini yang ramai di masyarakat ke dalam RPP.

Pernyataan itu disampaikan Anies saat bertemu para kepala sekolah di Polda Metro Jaya untuk membahas para pelajar yang ditangkap saat demo penolakan Undang-Undang Cipta Kerja beberapa waktu lalu.

"Disdik menyiapkan bahan untuk para guru agar bisa memanfaatkan apa yang menjadi diskusi percakapan di masyarakat sebagai bahan ajar untuk anak anak," kata Anies di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (26/10).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan dengan RPP tersebut setiap guru memiliki pedoman dalam penyampaian materi hingga tujuan dari pembelajaran tersebut.Selain itu, guru juga memahami tujuan dari bahan diskusi dan penilaian untuk setiap siswa.

"Jadi bukan hanya sekedar menganjurkan, jadikan misalnya UU Cipta Kerja sebagai materi pembelajaran. Kalau hanya dianjurkan begitu nanti guru mungkin akan melalui tantangan, bagaimana menerjemahkan," papar dia.

Anies juga menyatakan dengan metode pembelajaran itu diharapkan siswa dapat menyampaikan pendapatnya sejak dini terkait permasalahan yang ada di masyarakat.

"Harapannya ini menjadi media pembelajaran yang bermanfaat untuk semuanya baik gurunya, orang tuanya, maupun siswanya," jelasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Setahun Jokowi-Ma'ruf, Kemendikbud Klaim Terus Kerja Keras
Kemendikbud Salurkan Bantuan Paket Data Tahap I Oktober ke 7,2 Juta Penerima
Survei Wahana Visi Indonesia: 95 Persen Guru Betah Pembelajaran Jarak Jauh
Perbedaan Desa dan Kelurahan, dari Status Kepegawaian hingga Masa Jabatan
Tak Hanya Kesehatan, Penguatan Ekonomi Syariah Jadi Fokus Pemerintah Saat Pandemi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami