Penambahan Kapasitas Pengunjung Bioskop di Jakarta Harus Ajukan Permohonan

Penambahan Kapasitas Pengunjung Bioskop di Jakarta Harus Ajukan Permohonan
Bioskop XXI Ditutup Akibat Corona. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
JAKARTA | 5 November 2020 09:58 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya menyatakan manajemen bioskop tidak bisa langsung melakukan penambahan kapasitas pengunjung saat pelaksanaan PSBB masa transisi. Penambahan yang dimaksud yakni dari kapasitas 25 persen menjadi 50 persen.

"Jadi bagi bioskop yang sudah buka sebelumnya dengan kapasitas 25 persen mereka harus mengajukan dulu ke Pemprov untuk peningkatan kapasitas menjadi 50 persen," kata Gumilar saat dihubungi, Kamis (5/11).

Dia menjelaskan setelah mengajukan permohonan, tim dari Pemprov DKI akan melakukan evaluasi terhadap bioskop tersebut. Yakni evaluasi terkait diperbolehkannya peningkatan kapasitas atau tidak.

Hal terpenting lanjut Gumilar, saat mulai beroperasi pertama kali pihak manajemen bioskop harus menerapkan kapasitas 25 persen pengunjung.

"Hasil evaluasi tim pemprov di mana ada Dinas Kesehatan di dalamnya," jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta telah menerbitkan Surat Keputusan terhadap tiga manajemen bioskop. Adanya SK, tersebut Pemprov DKI telah mengizinkan studio bioskop kembali beroperasi.

"XXI, Cinepolis dan CGV sudah keluar SK-nya," ucap Kepala Bidang Industri Pariwisata Disparekraf DKI Jakarta, Bambang Ismadi kepada merdeka.com, Selasa (20/10/2020).

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, akan menambah petugas penelusuran kontak atau contact tracing hingga 1.545 orang. Ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan penelusuran kasus COVID-19 di Jakarta.

Saat ini, kata Anies, rasio antara orang terpapar dengan yang dilacak adalah 1:8 yang berarti dalam setiap satu kasus ada delapan orang yang terdeteksi berinteraksi dekat.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com

(mdk/eko)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami