Pencari Suaka Dirikan Tenda di Trotoar, Anies Baswedan akan Telepon Mensos

JAKARTA » MAKASSAR | 16 September 2019 22:52 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kedatangan para pengungsi atau pencari suaka ke Jakarta karena di ibu kota ini ada kantor UNHCR atau Badan PBB yang menangani masalah pengungsi. Jika tak ada kantor UNHCR menurutnya, kemungkinan para pencari suaka ini tak akan datang ke Jakarta.

Hal ini disampaikan Anies saat menanggapi sejumlah pengungsi yang saat ini menempati trotoar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Anies mengatakan, keberadaan para pengungsi ini merupakan tanggung jawab pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Sosial.

"Lokasinya di Jakarta karena Jakarta ibu kota dan ada UNHCR. Kalau enggak ada UNHCR mungkin mereka enggak akan datang ke sini. Ini kantornya di sini di Kebon Sirih pula. Jadi saya akan koordinasi dengan pusat agar pusat mau menghandle itu," jelasnya di Balai Kota, Senin (16/9) malam.

Terkait pengungsi yang dirikan tenda trotoar di Kebon Sirih, Anies mengatakan, akan segara menelepon Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kartasasmita. Kendati para pengungsi berada di Jakarta, namun yang mempunyai kewenangan adalah pemerintah pusat.

"Nanti saya akan telepon Pak Menteri sosial karena Menteri Sosial waktu itu sudah menyiapkan tempat di timurnya Cilangkap, (daerah) Cipayung, ada Kementerian Sosial punya tempat di sana terus mereka menyiapkan di situ. Nanti saya minta supaya ditangani di sana karena itu kewenangan di pusat," jelasnya.

Baca juga:
Puluhan Pencari Suaka Kembali 'Mondok' di Trotoar Kebon Sirih
Tuntut Pembebasan 26 Rekan, Ratusan Imigran 'Nginep' di Depan Imigrasi Makassar
Unjuk Rasa di Jalan Akses Masuk Rudenim Makassar, Kaki Imigran Tergilas Mobil
Satpol PP Tertibkan Tenda Baru Pencari Suaka di Kalideres
UNHCR Siap Terima Aspirasi Pencari Suaka
Sosok Veronica Koman, Pendamping Hukum yang Peduli Isu Papua dan Pencari Suaka
Pencari Suaka di Kalideres Terus Dipantau Imigrasi & Polisi

(mdk/rnd)