Penerapan Konsep 'Bike Sharing' di Jakarta Dimulai Tahun Depan

JAKARTA | 19 Oktober 2019 04:03 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong warganya menggunakan sepeda dan moda transportasi publik dalam setiap aktivitas. Setelah meluncurkan jalur sepeda, saat ini sedang dipersiapkan konsep bike sharing di Jakarta sebagaimana yang berlaku di kota-kota besar di sejumlah negara. Dalam bike sharing ini, Pemprov DKI Jakarta akan menempatkan sepeda di area publik yang bisa digunakan dan disewa warga.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Syafrin Liputo menyampaikan, pihaknya menargetkan konsep bike ini mulai diterapkan tahun depan. Saat ini pihaknya sedang merancang dan membahas konsep ini dengan sejumlah pihak terkait termasuk perusahaan penyedia sepeda.

"Kalau untuk bike share sekarang kita dalam tahap penyusunan spesifikasi teknisnya. Setelah itu selesai, kita harapkan tahun depan sudah dioperasionalkan," jelasnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (18/10).

Terkait lokasi penyediaan sepeda ini, Syafrin mengatakan pihaknya mengarahkan ke pusat-pusat kegiatan publik, termasuk di kawasan perkantoran. Tujuannya bisa menjadi pilihan bagi warga untuk menuju tempat tujuan akhirnya setelah menggunakan transportasi publik. Lokasi yang saat ini sedang dibahas adalah kawasan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

"Tapi ini pun masih dalam pembahasan bersama. Kemudian setelah ini kita akan (bahas) regulasinya di tahap awal," ujarnya.

Baca juga:
Sulitnya Tumbuhkan Kesadaran Pengguna Motor Agar Tak Merebut Jalur Sepeda di Ibu Kota
Akhir 2019, Parkir Sepeda Akan Tersedia di Seluruh Stasiun MRT dan Halte Transjakarta
Pemprov DKI berencana Integrasikan Jalur Sepeda yang Terbengkalai
Ini Strategi Anies Tingkatkan Pengguna Sepeda di Jakarta
Pemprov DKI Jakarta akan Siapkan Bike Sharing di Sejumlah Stasiun
Akhir Pekan Ini, Pemkot Jaksel Ujicoba Jalur Sepeda Fase II

(mdk/bal)