Pengundian dan Serah Kunci Rusun KS Tubun Bulan Agustus, Ini Tarifnya

JAKARTA | 24 Juni 2019 16:26 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Proses dan tata cara penempatan Rumah Susun Sewa (rusunawa) KS Tubun terus dimatangkan. Rencananya, pengundian dilakukan Agustus 2019 mendatang.

"Pengundian, langsung serah terima kunci. Sosialisasi sudah," kata Kepala Bidang Pembinaan, Penertiban, dan Peran Serta Masyarakat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) DKI Jakarta, Meli Budiastuti, saat dihubungi, Senin (24/6).

Pengundian yang dimaksud adalah pengundian unit kepada sejumlah pendaftar yang sudah terverifikasi berkasnya.

"Verifikasi, para pemohon kan kita lakukan verifikasi ke Dukcapil dan BPRD kan mengenai persyaratan-persyaratannya itu, apakah dia memiliki rumah, apa dia memiliki kendaraan roda empat, dan sebagainya," jelasnya.

Meli mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam proses penyesuaian jadwal dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk meresmikan rusunawa tersebut.

Peresmian akan dilakukan bersama dengan 12 rusun lainnya. Total unit di KS Tubun sendiri mencapai 524 unit, sedangkan total unit secara keseluruhan ada 9.430 unit.

"Ada 9.430, itu jumlah hunian yang siap untuk ditempati," tuturnya.

TARIF TINGGAL

Terkait dengan tarif, Meli menyebut bahwa hal itu sudah diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 55 Tahun 2018. Di mana masyarakat umum berpenghasilan Rp 2,5-4,5 juta per-bulan akan dibebankan tarif Rp 765 ribu di luar tagihan listrik dan air.

Dia menyampaikan, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI tengah membangun sekitar 10 rusun lagi. Sejumlah warga Rusun Penjaringan, Jakarta Utara juga akan direlokasi ke Rusun Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat.

"Ada revitalisasi dari Penjaringan. Kan Penjaringan mau direvitalisasi terhadap 10 blok bangunan lama. Warga yang terkena revitalisasi ini sekitar 600 KK akan direlokasi ke rusunawa Rawa Buaya," dia mengakhiri.

Reporter: Ratu Annissa Suryasumirat

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Revitalisasi Rusun Penjaringan, Penghuni Dipindah Sementara ke Rusun Rawa Buaya
Anies Inginkan Penegakan Aturan Pengelolaan Rumah Susun
Rusunawa KS Tubun Segera Dihuni, Tarifnya Rp 1,5 Juta Per Bulan
Tarif Rusunawa di DKI Jakarta Batal Naik
Tanggapan Anies usai MA Tolak Judicial Review Soal Aturan Rusun
Tak Kunjung Dihuni Usai Serah Terima Kunci, 20 Unit Rusunawa di Solo di Segel
Lahan Terbatas, Hunian Vertikal Kian Marak di Ibu Kota

(mdk/lia)