Penjelasan Pemprov DKI Terkait Belum Izinkan Tempat Hiburan Buka

Penjelasan Pemprov DKI Terkait Belum Izinkan Tempat Hiburan Buka
Aliansi Karyawan Hiburan Geruduk Kantor Anies Baswedan. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani
JAKARTA | 23 Juli 2020 12:27 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI mengaku sulit untuk kembali membuka tempat hiburan di masa pandemi Covid-19. Kepala Bidang Industri Pariwisata DKI, Bambang Ismadi mengungkapkan, risiko penularan virus Corona di tempat hiburan sama seperti bioskop.

Saat dikonfirmasi, Bambang menuturkan, kondisi ruangan tempat hiburan dan bioskop sama-sama tertutup dengan sirkulasi udara tidak maksimal dikhawatirkan akan terus menjadi penyebab penularan Covid-19 tinggi.

"Kemarin bioskop mau dibuka tapi enggak jadi, kenapa? karena menurut tim gugus tugas covid, karena sirkulasinya tertutup. bioskop yang ruangan besar aja berisiko, apalagi kayak tempat karaoke yang ruangannya lebih kecil," katanya, Kamis (23/7).

Berkaca pada operasional bioskop yang sempat diberikan izin, namun kembali ditunda karena mempertimbangkan sirkulasi udara di dalamnya. Dia berharap agar pengusaha tempat hiburan memahami tentang kajian tersebut.

Terlebih lagi, Bambang menuturkan, saat ini kasus konfirmasi didapat dari orang-orang tanpa gejala Covid-19.

"Banyak kan orang yang secara fisik sehat tapi dia carrier menularkan ke orang lain, orang tanpa gejala," tuturnya.

Dia menambahkan, sejumlah usulan untuk dijadikan dasar protokol kesehatan di tempat hiburan telah disusun. Namun usulan tersebut masih belum menemukan jalan tengah. Salah satu usulan yang dimaksud adalah pihak penyedia tempat hiburan menyediakan rapid test bagi pengunjung.

"Kalau memang nanti tempat hiburan malam mau dibuka, kita usul tambahan protokol khusus. Contoh nih, setiap yang mau masuk ke tempat karaoke, dia harus rapid test di tempa. Ini masih kita komunikasikan lagi kepada pengusaha," tutupnya.

Baca Selanjutnya: Desakan agar tempat hiburan segera...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami