Peringatan Hari Ikada, Anies minta anak buah kerja tak bedakan strata sosial rakyat

JAKARTA | 19 September 2018 11:06 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke-73 tahun di Lapangan Monas Jakarta, Rabu (19/9/2018). Dalam sambutannya, Anies menyinggung rapat besar yang digelar sebulan pasca proklamasi kemerdekaan.

Anies mengatakan, saat peristiwa Ikada terjadi, rakyat Indonesia yang didominasi warga Jakarta berkumpul di Monas, mendorong agar segera terjadi pemindahan kekuasaan. Anies menuturkan peristiwa itu memiliki dampak yang luar biasa hanies basingga kini.

"Karena proklamasi yang pada pendeklarasiannya dihadiri hanya oleh beberapa ratus orang, sering dianggap sebagai keputusan kaum elite bukan dianggap sebagai sikap seluruh rakyat," ujar Anies.

Menurut dia, peristiwa itu menjadi bukti adanya soliditas antara pemimpin dan pemerintah. Dia mengajak agar para pemimpin di jajarannya, yakni Pemprov DKI agar selalu bekerja untuk rakyat tanpa membeda-bedakan strata sosial mereka.

"Ini sebuah pesan bahwa ada soliditas antara pemimpin, para deretan kaum pengambil keputusan dengan rakyat kebanyakan," ucapnya.

"Jangan sampai pemimpin kemudian rakyat itu dalam posisi yang tidak sejalan tidak bersama. Ini adalah komitmen untuk mengingatkan kita semua," kata Anies.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Kriteria calon wagub DKI versi PKS, punya chemistry dengan Anies
Keppres pengunduran diri Sandiaga dari Wagub DKI sudah dikirim ke Anies
Pemprov DKI janji buat Jakarta bebas stunting
Kubu Jokowi-Ma'ruf ogah dekati Anies Baswedan
Rekonstruksi rapat raksasa Ikada ingatkan peran pesilat saat Kemerdekaan RI
Anies Baswedan ingatkan Indonesia jangan hanya jadi pemain lokal
Anies harap pembangunan LRT tahap pertama selesai tepat waktu

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.