Peringati HPSN, Anies Ajak Warga Kelola Sampah Mandiri

Peringati HPSN, Anies Ajak Warga Kelola Sampah Mandiri
JAKARTA | 21 Februari 2020 11:09 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak masyarakat mengelola dan memilah sampah sendiri di lingkungan tempat tinggalnya. Ini disampaikan Anies saat menghadiri peringatan hari peduli sampah nasional (HPSN).

"Harus kita bangun perubahan mindset (cara berpikir) dalam semua kegiatan ada yang kita ambil ada yang sisa atau residu. Sisa bisa digunakan kembali, pesannya kurangi, pilah, olah," kata Anies di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (21/2).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyatakan saat ini masyarakat Jakarta dapat memproduksi sampah sebesar 7.600 ton setiap harinya. Sampah itu langsung diangkut oleh petugas kebersihan.

"Sebagian dari sisa itu sebenarnya bisa digunakan kembali. Tapi karena kita mindset-nya adalah semua yang sisa itu tidak digunakan, maka semuanya kita buang," ucapnya.

Karena itu, dia menginginkan agar masyarakat mulai mengolah sampah sebelum berpindah ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

"Targetnya kita berharap dari semua sisa yang ada di tiap kampung, tiap wilayah 30 persen bisa diolah di tempat itu sendiri," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih menyatakan 61 persen sampah di Jakarta berasal dari rumah tangga. Dia meyakini setiap wilayah dapat melakukan pengelolaan sampah.

"Kita akan pedomani apa yang sudah kita tuangkan dalam jastrada maupun peta jalan pengelolaan sampah. 30 target bisa terlaksana," jelasnya.

Reporter: Ika Defianti (Liputan6.com) (mdk/ray)

Baca juga:
Kisah Para Relawan Penjaga Masa Depan Ciliwung
Underpass Kemayoran Penuh Sampah Akibat Banjir
TPA Cipayung dan Gunungan Sampah yang Menjulang
Pembersihan Sampah Danau Cincin
Suka Duka Petugas Pintu Air Manggarai, Temukan Dompet Berisi Uang Hingga Mayat
Banjir Jakarta Hasilkan 50 Ribu Ton Sampah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami