Pesan Anies Kepada Warga: Laporkan Bila Melihat Ada Pelanggaran Prokes, Jangan Diam

Pesan Anies Kepada Warga: Laporkan Bila Melihat Ada Pelanggaran Prokes, Jangan Diam
Anies Baswedan. ©2020 Merdeka.com
JAKARTA | 19 Juni 2021 10:31 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau kepada masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) di mana pun berada. Pasalnya, di tengah angka perkembangan kasus Covid-19 di Ibu Kota yang semakin tinggi masih saja ditemukan pelanggaran prokes.

"Malam tadi kami masih menemukan praktik tidam bertanggung jawab dari para pengelola. Kapasitas tempat yang maksimal 50% dilanggar," tulis Anies seperti dikutip lewat akun instagramnya, Sabtu (19/6).

Guna memutus penyebaran Covid-19, Anies meminta kepada masyarakat agar berperan aktif melaporkan apabila temukan pelanggaran prokes di masyarakat. Terkhusus pada tempat- tempat publik seperti restoran atau tempat makan.

"Kepada teman-teman, laporkan bila melihat ada pelanggaran, jangan diam. Bila anda mendatangi sebuah restoran atau rumah makan, terlihat sudah penuh, jangan paksakan masuk. Cari tempat lain yang kosong atau lebih baik pesan antar saja dari rumah," kata Anies.

Anies menambahkan selama melakukan patroli pendisiplinan protokol kesehatan bersama aparat gabungan, pihaknya telah menegur dan berikan denda kepada para pengelola makan yang melanggar prokes.

Oleh karena itu, selama penarapan peraturan yang berlaku di pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro. Anies menegaskan, jika seluruh pengelola harus bertanggung jawab atas aturan prokes yang sudah ditetapkan.

"Bila kita membiarkan praktik pelanggaran seperti ini terus-terusan, artinya mengirimkan orang ke rumah sakit, mengirimkan orang untuk terpapar, dan itu adalah sikap yang tidak bertanggung jawab," imbaunya.

"Pada para pengelola, restoran, kafe, dan rumah makan, mari ambil sikap bertanggung jawab. Pikirkan keselamatan diri anda, keselamatan pengunjung tempat anda berusaha," lanjutnya.

Adapun diketahui, Pemprov DKI telah menyiapkan aplikasi Jakarta Kini (JAKI) yang dapat diunduh dengan smartphone. Dimana warga bisa langsung mengirimkan laporannya yang nantinya akan ditindaklanjuto oleh Pemprov DKI. (mdk/ded)

Baca juga:
Anies-Kapolda-Pangdam Razia Kawasan Kemang, Sejumlah Restoran Langgar Prokes
Sidak Restoran, Anies Masih Temukan Pengelola Tidak Tanggung Jawab Protokol Kesehatan
Gedung DPR Perketat Prokes, Jumlah Kehadiran Maksimal 25 Persen
Anies: Berkumpul Lebih dari 5 Orang akan Dibubarkan
Malam Ini, Aparat Gabungan Gelar Patroli Pengetatan Prokes di Jakarta

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami