Petugas PPSU Jelambar Sebut Masuk Got Bukan Syarat Perpanjangan Kontrak

JAKARTA | 15 Desember 2019 14:06 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Tidak ada yang spesial dari selokan dengan lebar sekitar satu meter di Jelambar, Jakarta Barat. Air di dalamnya berwarna hijau keruh. Namun, belakangan got ini ramai diperbincangkan di media sosial karena kegiatan berendam oleh sekelompok orang yang merupakan petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU).

Ramai disebutkan bahwa kegiatan itu merupakan rangkaian tes bagi petugas honorer yang ingin memperpanjang kontraknya. Saat merdeka.com berbincang dengan salah satu petugas PPSU, ia mengaku terkejut dengan viralnya video tersebut, hingga mengundang komentar sejumlah pihak.

Budiman, bukan nama sebenarnya, bekerja sebagai PPSU sudah dua tahun. Dua kali pula ia mengaku pernah berendam di got seperti video viral tersebut. Namun itu bukan syarat mutlak diperpanjang tidaknya satu kontrak. Ada rangkaian lain yang harus diikuti calon atau petugas honorer.

Rangkaian tes berupa psikotes, tertulis, wawancara dan fisik. Tes fisik yang disebutnya berupa aktivitas yang sehari-hari akan dilakukan PPSU.

Budiman mengaku terkejut video yang direkam temannya itu menjadi bahan perbincangan di media sosial. Terlebih lagi, menurutnya, narasi yang tersebar tidak benar.

"Enggak bener (syarat perpanjang kontrak harus berendam di got)," kata Budiman, Minggu (15/12).

1 dari 3 halaman

Budiman bercerita, kegiatan Selasa (10/12) menjelang siang itu tidak hanya berendam di got saja. Ada bersih-bersih lumpur, ada merapikan tanaman atau pepohonan di wilayah Jelambar dan sebagainya.

Kegiatan itu, kata Budiman, diabadikan oleh rekannya yang turut berendam dalam got yang letaknya persis di seberang Pos Polisi Sektor Jelambar III.

"Yang beredar itu (berendam di got) saja kan. Enggak ada kita bersihin lumpur, padahal itu ada," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Budiman menuturkan saat temannya merekam aktivitas tersebut, ada beberapa orang yang meminta. Ia pun mengaku tidak tahu kepada siapa saja video itu dibagikan oleh rekannya.

"Ada teman saya (merekam). Enggak (diunggah ke media sosial), terus ada beberapa orang yang minta," jelasnya.

Budiman mengaku heran dengan viralnya kegiatan tersebut karena saban tahun hal itu dilakukan dan tak pernah ada masalah, apalagi jadi perbincangan publik.

3 dari 3 halaman

Sebelumnya, video Pegawai honorer K2 di lingkungan DKI Jakarta menjadi viral saat disuruh masuk ke dalam got saat perpanjangan kontrak Penyedia Jasa Lainnya Perseorangan (PJLP). Diketahui, peristiwa itu terjadi di Jelambar, Jakarta Barat.

Seluruh pihak yang terlibat pun telah diperiksa. Termasuk salah satunya adalah Lurah Jelambar, Agung Triatmojo

"Seluruh Panitia dan dan Lurah selaku kepala unitnya diperiksa Tim Gabungan Inspektorat dan BKD, tingkat provinsi hingga Jakarta Barat," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Chaidir. (mdk/fik)

Baca juga:
Petugas PPSU Ini Sebut Berendam di Got Merupakan Kegiatan Keakraban
PDIP akan Investigasi Soal Honorer Disuruh Masuk Got
Golkar Sebut Lurah Jelambar Sok Berkuasa Soal Honorer Disuruh Masuk Got
Video Viral Honorer Disuruh Masuk Got, Lurah Jelambar Terancam Dipecat
Viral Video Pegawai Honorer DKI Disuruh Masuk Got agar Kontrak Diperpanjang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.