Pintu Keluar Tol Slipi Khusus Tamu Undangan Pelantikan Presiden dan Wapres

JAKARTA | 20 Oktober 2019 12:52 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pintu keluar tol dalam kota Slipi ditutup untuk umum selama pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Minggu (20/10). Pantauan di lapangan, empat petugas keamanan DPR berdiri di dekat pintu keluar tol arah Slipi.

Petugas mempersilakan pengendara melewati jalan tersebut apabila merupakan tamu VVIP yang akan menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Sedangkan, bagi yang tidak bisa menunjukkan undangan, diminta untuk mencari jalan keluar lain.

Saat ini, Pintu keluar tol dalam kota Cawang-Slipi dialihfungsikan sebagai pintu masuk tamu VVIP yang akan hadir pelantikan presiden dan wapres di Kompleks Parlemen Senayan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Sejumlah tamu yang telah melintas di jalur tersebut diantaranya kendaraan berpelat D1, KT1, RI 57 dan RI 103. Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden 2019-2024. Rencananya Jokowi-Ma'ruf akan dilantik, di Kompleks Parlemen, tersebut.

Nantinya, pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin akan dimulai pada pukul 14.30 WIB. Pada rundown sidang paripurna MPR mengenai pelantikan presiden dan wakil presiden yang diterima, acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pada pukul 14.30 WIB.

Kemudian, Ketua MPR Bambang Soesatyo akan memimpin mengheningkan cipta dan setelahnya langsung membuka sidang paripurna MPR.

Acara dilanjutkan pembacaan Keputusan KPU oleh Pimpinan MPR. Kemudian pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden serta penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR.

Acara selanjutnya adalah pertukaran tempat duduk wakil presiden, dari Jusuf Kalla ke Ma'ruf Amin. Setelahnya, Presiden Jokowi akan membacakan pidato sebagai presiden periode 2019-2024.

Usai pembacaan pidato presiden, pimpinan MPR melanjutkan sidang paripurna dan diakhiri dengan pembacaan doa sebelum sidang paripurna ditutup.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Persiapan Syukuran Pelantikan Jokowi, Kawasan Medan Merdeka Hingga Thamrin Steril
Ruas Jalan Sekitar Istana Negara Steril, Ini Pengalihan Arus Lalin
Ini Pengalihan Rute Transjakarta Saat Pelantikan Presiden
Ini Ruas Jalan Dialihkan Selama Lalu Lintas Menuju DPR Ditutup
Jalanan Sekitar Gedung DPR Bakal Ditutup Sampai Pelantikan Presiden

(mdk/noe)