PKS Tegaskan Calon Wagub DKI Tetap Agung dan Syaikhu

JAKARTA | 8 November 2019 09:55 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gerindra DKI Jakarta mengaku telah mengirimkan empat nama kandidat calon wakil gubernur (cawagub) pengganti Sandiaga Uno ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Namun PKS menolak keempat nama tersebut.

Empat nama yang dikirimkan yakni, Arnes Lukman, Ferry Juliantono, Ahmad Riza Patria dan Saefullah. Taufik membenarkan, Saefullah yang yang dimaksud yakni Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Muhammad Arifin menegaskan, tak ada nama baru pada daftar calon wagub DKI. Dua nama yakni Agung Yulianto dan Akhmad Syaikhu masih menjadi calon yang resmi dikirimkan pada DPRD DKI.

"Belum ada perubahan, tetap dua nama (calon wagub)," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (8/11).

Dia membantah telah menerima surat nama empat calon dari Gerindra.

"Belum ada," tutupnya.

1 dari 3 halaman

Gerindra Ajukan Empat Nama

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, M Taufik mengakui telah mengirimkan empat nama kandidat calon wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno ke DPP PKS.

Empat nama yang dikirimkan yakni, Arnes Lukman, Ferry Juliantono, Ahmad Riza Patria dan Sekda DKI Saefullah.

"Iya (Saefullah) Sekda," kata Taufik saat dihubungi, Kamis (7/11).

Selain Saefullah, ketiga nama yang diajukan merupakan Politikus dari partai pimpinan Prabowo Subianto. Untuk diketahui Arnes Lukman menjabat sebagai anggota dewan penasihat.

2 dari 3 halaman

Surat Sudah Diteken Prabowo

Lalu Ferry Juliantono sebagai wakil ketua umum dan Riza Patria sebagai wakil sekretaris jenderal atau wasekjen. Surat dari Partai Gerindra itu dikirimkan pada 17 Oktober 2019.

Selain itu, dalam surat tersebut juga ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Ahmad Muzani dan Husni Thamrin.

Sebelumnya, dua nama Cawagub pengganti Sandiaga Uno yakni Agung Yulianto dan Akhmad Syaikhu telah diajukan di DPRD DKI Jakarta. Akan tetapi hingga saat ini, salah satu diantaranya belum dipilih dan ditentukan sebagai wagub DKI.

3 dari 3 halaman

Alasan Gerindra Ajukan 4 Nama Bakal Cawagub

Taufik mengatakan memiliki alasan tersendiri terkait pengajuan empat nama kandidat calon wakil gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS. Dia menilai adanya kemungkinan kendala dua nama cawagub yang diajukan belum terpilih, entah terkait personal ataupun hal lain.

"Kemarin dua nama macet, maka yang diperlukan adalah, pertama jangan-jangan figur yang nggak DPRD kurang menerima atau komunikasi, udah dua itu," ujarnya.

Dia mengakui pihaknya telah mengirimkan empat nama kandidat calon wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno ke DPP PKS. Empat nama yang dikirimkan yakni, Arnes Lukman, Ferry Juliantono, Ahmad Riza Patria dan Saefullah.

Selain itu, dalam surat tersebut juga ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Ahmad Muzani dan Husni Thamrin. Surat tersebut dikirimkan ke DPP PKS pada 17 Oktober 2019.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Gerindra Ngaku Belum Bicara ke Saefullah Soal Dijadikan Cawagub DKI
Gerindra Ajukan Sekda DKI Jadi Kandidat Cawagub Pengganti Sandiaga
Ahmad Dhani Diusulkan Jadi Wagub DKI
PKS Sebut Anggaran Janggal DKI Imbas Anies Tak Punya Wakil
DPRD DKI Prioritaskan Pembahasan Anggaran Ketimbang Pemilihan Wagub