PMI Jakarta Selatan dan MA Citra Cendekia Bersatu Melawan Virus Corona

PMI Jakarta Selatan dan MA Citra Cendekia Bersatu Melawan Virus Corona
JAKARTA | 26 Maret 2020 15:57 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Institusi pendidikan Madrasah Aliyah Citra Cendekia (MA Cicen) merespon cepat instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah, sekaligus melakukan aktivitas pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan sekolah.

“Kami mendukung langkah pemerintah untuk menekan jumlah penyebaran virus corona ini. Seluruh siswa MA Cicen sejak 16 Maret lalu sudah belajar dari rumah. Dan hari ini kami sedang simulasi untuk melakukan ujian,” ujar Ismayati Soleha SSi, dalam keterangan resminya, kemarin.

Ismayati melanjutkan, MA Cicen yang terletak di Ciganjur, Jakarta Selatan, juga melakukan sejumlah langkah preventif agar lingkungan sekolah terbebas dari paparan virus corona.

Misalnya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan lingkungan madrasah. Kerja sama untuk penyemprotan disinfektan ini juga dapat dilakukan oleh institusi pendidikan lain di seluruh Jakarta. Selain tidak dipungut biaya, prosesnya juga cepat dan relatif mudah.

“Buat madrasah dan sekolah umum lainnya, bisa melakukan hal serupa. Kita tinggal menghubungi PMI Jakarta Selatan, lalu mengirimkan surat permohonan resmi ke PMI. Setelah dikonfirmasi, tinggal menunggu jadwal penyemprotan disinfektan dari PMI. MA Cicen sudah melakukan penyemprotan disinfektan pada Jumat (20/3) atau tiga hari sejak permohonan diajukan," katanya.

R Dedet Mulyadi SE, Kepala Hubungan Masyarakat PMI Jakarta Selatan, menambahkan penyemprotan dilakukan dengan menerjunkan delapan personel. PMI Jakarta Selatan akan segera melakukan penyemprotan bila jadwalnya sudah didapatkan.

“Pihak sekolah tidak dipungut biaya. Seperti yang dilakukan MA Cicen, institusi sekolah cukup mengajukan permohonan resmi ke PMI, nanti segera dijadwalkan. Namun, memang saat ini jadwal menyesuaikan dengan banyaknya permintaan,” ujar Dedet.

1 dari 1 halaman

Agen Penyebaran Berita Positif

pmi jakarta selatan melakukan penyemprotan disinfektan di ma cicen di ciganjur jaksel

2020 Merdeka.com

Dia menjelaskan, sekolah-sekolah di Jakarta dan instansi sosial lain dapat mengajukan untuk dilakukan penyemprotan disinfektan. Sejak wabah virus corona, PMI sudah melakukan penyemprotan ke berbagai instansi sosial lain. Seperti gedung kelurahan, kecamatan, dan perkantoran pemerintah lainnya.

Sejumlah petugas penyemprotan dilengkapi dengan peralatan khusus termasuk baju pelindungnya.

Langkah PMI untuk melakukan pencegahan ini sesuai dengan instruksi Ketua PMI Pusat, HM Jusuf Kalla.

Selain melakukan penyemprotan, MA Cicen sebagai institusi pendidikan juga melakukan sejumlah langkah antisipatif dengan mengaktifkan media sosialnya. Tujuannya, selain membantu kampanye hidup bersih, juga sebagai saran komunikasi dengan seluruh civitas akademika MA Cicen.

Ismayati memaparkan, dalam sosialisasi itu, siswa bahkan orang tua diposisikan sebagai agen-agen perubahan untuk menyebarkan konten-konten positif di dunia maya.

Jumlah siswa kami sekitar 100 orang. Andai setiap siswa memiliki follower media sosial 10 orang saja, sudah ada 1.000 orang yang terpapar berita baik. Kecil, tapi kami yakin saat ini yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah berita positif untuk sama-sama memerangi wabah virus corona, ujarnya.

Langkah ini sesuai dengan visi MA Cicen yang terangkum dalam tiga pilar, yaitu menjadi lembaga pendidikan yang mampu membangun citra kepribadian siswa yang memiliki integritas diniyah (kecerdasan spiritual), integritas ilmiyah (kecerdasan intelektual), dan kecerdasan insaniyah (kecerdasan emosional). (mdk/sya)

Baca juga:
Cegah Penyebaran Corona, Penyemprotan Disinfektan di Depok Pakai Mobil Water Cannon
Siapkan RS Darurat, Pemkab Bogor Kekurangan Tenaga Kesehatan
Wali Kota Tegal akan Tutup Jalur Perbatasan Pakai Pembatas Beton
Polres Bangka Tengah Tindak Tegas Pemilik Tempat Hiburan Bandel Tetap Buka
12 Jenis Makanan untuk Sistem Imun yang Kuat, Konsumsi agar Tubuh Tetap Sehat
Cegah Corona, Pasar Jatinegara Dipasang Ruang Disinfektan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami