Polda Metro Jaya akan Evaluasi Pembatas untuk Penonton dengan Trek Balapan

Polda Metro Jaya akan Evaluasi Pembatas untuk Penonton dengan Trek Balapan
Sambodo pantau balap motor di Ancol. ©2022 Merdeka.com
JAKARTA | 17 Januari 2022 01:00 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Polda Metro Jaya mencatat sejumlah evaluasi yang perlu diperbaiki dalam gelaran perdana latihan balapan Street Race di kawasan jalan Inspeksi Kali Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan salah satu evaluasi yang perlu diperbaiki yakni penjagaan terhadap para penonton yang sangat dekat dengan pembatas lintasan trek.

"Ya mungkin evaluasinya adalah faktor penonton ya, mungkin petugas akan lebih kita tambah lagi. Karena kan penonton sampai maju (ke dekat pembatas lintasan)," kata Sambodo saat ditemui wartawan di lokasi, Minggu (16/1).

Kendati demikian, Sambodo mengatakan sampai acara berakhir para penonton tetap bisa diatur petugas untuk memahami pembatas area lintasan, demi keselamatan mereka.

"Tapi alhamdulillah sih hari ini cukup tertib walaupun ada beberapa satu dua tapi bisa kita tertibkan," tuturnya.

Adapun terkait hambatan pada pelaksanaan balapan Street Race kali ini, disebabkan faktor hujan yang mengguyur area pada pagi hari. Sehingga proses pembukaan harus tertunda dari jadwal pukul 10.00 Wib menjadi pukul 10.30 Wib.

"Lancar semua kok. Dari pagi race nggak sempat terhenti. Terhenti cuma gara-gara cuaca aja," sebutnya.

"Alhamdulillah tidak ada trouble, tidak ada kecelakaan, alhamdulillah semuanya lancar. Nggak (ada kerusakan jalan), aman, aman semua," tambahnya.

Sedangkan terkait rencana event yang digelar secara rutin, Sambodo mengatakan bahwa pihaknya masih mempersiapkan lokasi lainnya untuk dijadikan trek drag race nantinya.

"Iyaa insya allah bulan depan kit akan adakan event yang sama untuk lokasinya masih kita cari, ada beberapa calon lokasi nanti kita survey dulu," katanya.

Adapun sampai saat ini, setidaknya beberapa lokasi yang telah dibidik Polda Metro Jaya diantaranya, BSD Serpong, Bekasi, hingga Tangerang untuk rencana di bulan depan, Februari 2022.

"Nanti mana yang memenuhi persyaratan layak untuk dijadikan lokasi seperti ini kita akan buka bulan depan tempat tersebut," katanya.

Lebih lanjut berdasarkan pantauan merdeka.com, saat ini balapan telah rampung untuk seluruhnya sekitar pukul 15.30 Wib yang diakhiri dengan pembagian doorprize yang dibagikan kepada seluruh peserta secara acak.

Adapun tercatat ada sebanyak 350 pembalap mendaftar terbagi ke dalam, 13 motor terdaftar untuk kategori 2tak+vespa 2tak; 22 motor bebek kategori 4tak; 44 motor sport kategori 2tak; 17 motor sport kategori 4tak; 48 motor matic kategori 4tak; 1 motor vespa kategori 2tak.

Sedangkan untuk kategori, FFA (Free For All) yang bebas tidak ada syarat khusus bagi spesikasi motornya sebanyaK 19 motor. Sedangkan untuk kategori Sunmori (Ban besar+lampu menyaka) sebanyak 183 motor. (mdk/ded)

Baca juga:
Ratusan Pembalap Ramaikan Street Race Ancol
Polda Metro Berharap Balap Motor Jalanan Mampu Minimalisir Kecelakaan
Syarat dan Cara Pendaftaran Balapan Street Race yang Digelar Polda Metro Jaya
Cegah Dijadikan Ajang Judi, Balap Street Race Disiapkan hadiah Motor Hingga TV
Cerita Joki Balap di Ancol: Sekarang Lebih Nyaman Enggak Diuber-uber Polisi

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami