Polisi Halau 500 Peserta Reuni 212 yang Ingin Menuju Kawasan Patung Kuda Monas

Polisi Halau 500 Peserta Reuni 212 yang Ingin Menuju Kawasan Patung Kuda Monas
Aparat polisi bubarkan massa reuni 212. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
JAKARTA | 2 Desember 2021 13:48 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan menyampaikan jika personel gabungan Polri/TNI sempat menghalau 500 peserta aksi Reuni 212 yang hendak menuju kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

"Tadi pada pukul 10.00 Wib, sempat ada kurang lebih 500 orang yang merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang ingin melakukan reuni. Dia mencoba masuk ke wilayah Patung Kuda,"kata Zulpan kepada wartawan, Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Kamis (2/12).

Zulpan mengatakan jika para peserta Reuni 212 tersebut sebelumnya sempat berkumpul di jalan Wahid Hasyim. Namun dihalau untuk kemudian diimbau agar membubarkan diri oleh personel gabungan yang berjaga di sana.

Imbauan itu diberikan petugas, karena mereka mencoba untuk mendekat ke titik lokasi Latung Kuda yang diketahui telah menjadi lokasi yang dilarang untuk melangsungkan Aksi Reuni 212.

"Jadi sempat tadi mereka terkumpul ataupun berkumpul di jalan Wahid Hasyim beberapa saat. Namun setelah diberikan pemahaman terkait dengan aturan hukum dan dampak-dampaknya yang bisa terjadi jika mereka melakukan kegiatan lanjutan di Patung Kuda," katanya

"Ini akan mendapat sanksi apabila tetap memaksakan kehendak. Tapi, syukur alhamdulillah masyarakat bisa paham dan setelah itu membubarkan diri," lanjutnya.

Meski begitu, Zulpan menegaskan jika ke-500 peserta yang dihalau itu tidaklah ditahan maupun diproses pidana. Karena ketika dimbau petugas untuk membubarkan diri, mereka meresponnya secara koperatif.

"Sehingga dari mereka tidak ada yang ditahan, ataupun diperiksa, ataupun dikenakan sanksi pidana, tidak ada. Mereka semua kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Setelah itu, Zulpan menyampaikan jika sampai saat ini berdasarkan laporan yang diterimanya sudah tidak ada lagi kerumunan peserta reuni yang hadir maupun hendak memasuki kawasan Patung Kuda.

"Setelah itu kami pantau hingga dengan saat ini tidak ada lagi kerumunan masyarakat, tidak ada lagi masyarakat yang ingin memasuki wilayah Patung Kuda untuk melaksanakan reuni," sebutnya.

Kemudian, Zulpan mengklaim hingga siang hari ini di wilayah hukum Polda Metro Jaya khususnya di kawasan Jakarta masih aman terkendali.

"Sampai siang hari ini wilayah Jakarta Raya, wilayah hukum PMJ situasinya aman terkendali. Mudah-mudahan situasi ini akan berlanjut sampai dengan nanti malam, kita akan tetap melakukan pengamanan di lapangan," ujarnya.

Baca juga:
Massa Reuni 212 Dibubarkan Polisi, Jalan MH Thamrin-KH Wahid Hasyim Lengang
Barikade Kawat Berduri Dipasang untuk Cegah Kerumunan Massa Reuni 212
Polisi Tegaskan Pidanakan Massa Nekat Gelar Reuni 212 di Patung Kuda
Aparat Polisi Bubarkan Massa Reuni 212
Imbas Reuni 212, Penumpang 12 KA ini Bisa Naik di Stasiun Jatinegara
Soal Reuni 212, Kasad Minta Tak Lakukan Aksi karena Izin Tidak Ada
Soal Reuni 212, Kasad Minta Tak Dilanjutkan karena Izin Tidak Ada

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami