Polisi Pantau Tempat Wisata Jakarta Naik Helikopter, Mulai Ancol hingga Ragunan

Polisi Pantau Tempat Wisata Jakarta Naik Helikopter, Mulai Ancol hingga Ragunan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. ©Liputan6.com/Ady Anugrahadi
JAKARTA | 16 Mei 2021 13:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Polisi melakukan pemantauan udara sejumlah destinasi wisata di DKI Jakarta. Petugas menggunakan helikopter berkeliling ke beberapa lokasi, mulai dari Ancol hingga Ragunan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus yang ikut langsung dalam pemantauan mengatakan, petugas menggunakan helikopter Bell 429 hari ini, Minggu (16/5/2021) mulai pukul 09.20 WIB.

"Kawasan pertama yang dipantau adalah Ancol di Jakarta Utara," tutur Yusri dalam keterangannya.

Menurut Yusri, tidak terlihat adanya keramaian yang terjadi di tempat wisata Ancol. Wahana permainan hingga perahu juga tidak ada yang beroperasi.

"Pantai Ancol kosong, tidak ada satu pun orang yang terlihat kecuali petugas," jelas dia.

Dari Ancol, helikopter bertolak ke Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Kondisinya pun sepi tanpa pengunjung layaknya Ancol. Antrean keramaian warga yang mencoba masuk ke Ragunan juga tidak terlihat.

Polisi juga memeriksa Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Semua wahana dan fasilitas pun tidak beroperasi dan nihil pengunjung.

Dinas Pariwisata DKI Jakarta memutuskan menutup sementara tiga tempat wisata di Ibu Kota pada 16-17 Mei 2021. Yaitu Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Taman Margasatwa Ragunan.

Hal itu tercantum dalam surat yang dikeluarkan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Surat itu ditandatangani oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gumilar Ekalaya pada Sabtu, 15 Mei 2021.

Keputusan itu diambil setelah evaluasi peningkatan pengunjung di tiga tempat wisata tersebut selama 14-15 Mei 2021. Penutupan dimaksudkan untuk penguatan protokol kesehatan

"Terhitung mulai tanggal 16 Mei 2021 sampai dengan tanggal 17 Mei 2021 agar melakukan penutupan sementara tempat usaha dalam rangka penguatan protokol kesehatan," ujar Gumilar dalam surat tersebut, Sabtu (15/5).

Sementara itu, Ancol, TMII dan Ragunan diperbolehkan untuk buka kembali pada Selasa (18/5).

"Kawasan usaha pariwisata akan dibuka kembali pada tanggal 18 Mei 2021," tulisnya.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
Pengetatan Prokes, Kebun Binatang Ragunan Ditutup Dua Hari
Diminta Putar Balik, Seorang Wanita di Cilegon Memaki Petugas
Margasatwa Ragunan Ditutup, Para Calon Pengunjung Putar Balik
Tempat Wisata di Alor NTT Ditutup Selama Libur Lebaran
Jalan Menuju Anyer Ditutup sampai 30 Mei, Petugas Putar Balik Kendaraan
Destinasi Wisata Batu Karas dan Ciwidey Ditutup Sementara

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami