Potret Ibu Kota 'Istirahat' Sejenak dari Rutinitas Dampak Virus Corona

Potret Ibu Kota 'Istirahat' Sejenak dari Rutinitas Dampak Virus Corona
Kawasan Kampung Melayu Sepi. ©2020 Merdeka.com/Tri Yuniwati Lestari
JAKARTA | 17 Maret 2020 12:29 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Menyusul imbauan Pemerintah agar masyarakat belajar, bekerja dan beribadah dari rumah. Tampak Ibu Kota 'istirahat' sejenak dari sejumlah kesibukan yang biasa terjadi.

Adanya keputusan tersebut beberapa perusahaan telah menerapkan 'work from home' atau bekerja dari rumah. Sekolah-sekolah juga sudah meliburkan murid-muridnya hingga dua minggu ke depan. Hal ini membuat lengahnya jalanan Ibukota yang terpantau dari unggahan Instagram @jktingo.

Dalam unggahan @jktinfo terpantau Flyover Kampung Melayu, Jaktim terlihat sepi dari kendaraan roda dua maupun roda empat. Biasanya jalanan ini selalu ramai di pagi hari.

Suasana jalanan yang sepi juga nampak jelas terjadi di sekitar Halte Transjakarta Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Selain jalan raya, @jktinfo juga mengunggah suasana sepi yang terlihat jelas dari berkurangnya antrean di halte Transjakarta dan Moda Raya Terpadu (MRT). Salah satunya di Stasiun MRT Lebak Bulus.

Penampakan sepi penumpang juga terjadi pada transportasi unggulan warga DKI Jakarta, Transjakarta. Terlihat kondisi di beberapa halte sepi oleh penumpang. Seperti yang terjadi di halte arah Harmoni - Blok M.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah mengimbau masyarakat Indonesia untuk dapat bekerja, belajar dan beribadah di rumah karena masifnya penyebaran penyakit saluran pernapasan yang disebabkan virus corona jenis baru covid-19.

"Dengan kondisi ini saatnya kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah, inilah saatnya bekerja bersama-sama saling tolong menolong dan bersatu padu, gotong royong. Kita ingin ini menjadi gerakan masyarakat agar masalah COVID-19 ini tertangani dengan maksimal," kata Presiden Joko Widodo di Istana kepresidenan Bogor, Minggu (15/3). (mdk/rhm)

Baca juga:
Curhat Pegawai yang Tidak 'Work From Home', Takut Terpapar Corona di Angkutan Umum
Kerugian Ekonomi Global Akibat Virus Corona Disebut Lebih Parah dari Perang Dagang
Sejak KLB Corona, Penumpang Batik Solo Trans Turun 100 Persen
Edhy Prabowo Jalani Tes Virus Corona: Kita Tunggu Hasilnya
Mulai Hari ini, 70 Persen Pegawai OJK Bekerja dari Rumah
3 Indonesia Pastikan Jaringan Prima selama Masyarakat Bekerja dan Belajar dari Rumah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami