Profil Wajah Tenar Anggota Dewan Baru DPRD DKI Jakarta

JAKARTA | 14 Agustus 2019 06:15 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - KPU DKI Jakarta telah menetapkan 106 anggota DPRD DKI terpilih periode 2019-2024. Wajah-wajah baru bermunculan mulai dari publik figur sampai anak politikus nasional.

Tercatat sebanyak 59 orang dari 106 anggota DPRD DKI adalah wajah baru pertama kali menduduki anggota dewan sedangkan sisanya adalah wajah-wajah lama yang kembali terpilih menjadi anggota dewan.

Siapa saja wajah tenar dan yang baru pertama kali duduk di kursi DPRD DKI Jakarta? Berikut ini ulasannya:

1 dari 4 halaman

Tina Toon

Agustina Hermanto alias Tina Toon, wajah baru yang berhasil duduk menjadi anggota DPRD dari fraksi PDIP. Tina Toon memperoleh 19.484 suara. Tina Toon telah menyelesaikan pendidikan S1nya jurusan Komputer dan telah pula menyelesaikan pendidikan S2 Magister Hukum dari Universitas Tarumanagara pada tahun 2017.

Tina Toon salah satu penyanyi dan mantan artis cilik. Dia populer lewat lagu bolo-bolo. Pada tahun 2004 Tina menjajal dunia layar lebar dengan membintangi film komedi berjudul Tina Toon dan Lenong Bocah. Film garapan Aditya Gumay ini bercerita tentang seorang gadis kecil miskin yang akhirnya menjadi orang kaya karena menyanyi.

2 dari 4 halaman

Ima Mahdiah

Satu lagi caleg PDIP yang berhasil menjadi anggota DPRD DKI Jakarta, yakin Ima Mahdiah dari Dapil 10 Jakarta Barat. Ima berhasil meraup suara terbanyak di Dapil mencapai 30.591 suara.

Nama Ima menjadi terkenal karena dia merupakan mantan staf Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saat massa kampanye, Ahok terjun langsung mengkampanyekan mantan stafnya. Ahok kala itu, mengatakan Ima harus lolos karena untuk mengawal APBD DKI.

"Kita selalu katakan kalau enggak ada orang yang punya nurani jaga APBD bisa bobol, makanya kita perlu kirim banyak orang jaga uang rakyat di APBD. Saya katakan kamu harus masuk (DPRD)," ujarnya di Meruya, Rabu (30/1) lalu.

Ima juga tercatat sebagai Dirut Basuki Solusi Konsultindo (BSK) perusahaan milih Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

3 dari 4 halaman

Zita Anjani, Anak Ketum PAN

Selanjutnya DPRD DKI semakin berwarna dengan hadirnya anak-anak politikus ternama Indonesia. Tercatat anak Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Zita Anjani juga lolos ke Kebon Sirih. Dia melaju dari partai pimpinan ayahnya, Partai Amanat Nasional. Zita memperoleh 14.701 suara.

Zita adalah seorang pemerhati anak yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan anak usia dini di wilayah Provinsi DKI Jakarta dan Lampung. Tahun 2015, dia mendirikan sebuah sekolah anak usia dini Kids Republic yang bertempat di Jalan Cipinang Bali 1 Blok 5A Cipinang Muara - Jatinegara Jakarta Timur. Sekaligus founder Gerakan mengajar 1000 Guru.

Di usia yang relatif masih muda, Zita Anjani mendapatkan gelar Master of Science di University College London (UCL), serta memiliki gelar Diploma dari Sunshine Teachers Training (Diploma Montessori Education).

Kemudian anak politikus lainnya yang berhasil menjadi anggota DPRD yakni anak Ketua DPR Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo. Dimaz menjadi anggota DPRD DKI Jakarta 2019-2024 melalui Partai Golkar, Dapil 2 Jakarta dengan perolehan suara 10.635.

Kemudian anak mantan Abraham Lunggana alias Lulung, Guruh Tirta Lunggana, juga mengikuti jejak ayahnya menjadi legislator DKI Jakarta. Guruh menjadi anggota DPRD DKI melalui PAN dengan 8.278 suara. Ada juga keponakan Ketum Nasdem Surya Paloh, Nova Harivan Paloh dari Dapil 8 Jakarta dengan 12.109 suara.

4 dari 4 halaman

Wajah Lama Anggota DPRD

Selain nama-nama baru yang mendominasi, nama lama juga berhasil kembali lolos menjadi anggota DPRD. Ketua DPRD DKI Jakarta periode sebelumnya, Prasetyo Edi Marsudi, dengan perolehan 28.808 suara.

Ketua Fraksi PDIP Gembong Warsono dari Dapil Jakarta 7 dengan 17.739 suara. Dari Gerindra ada nama Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik dari Dapil Jakarta 3 dengan perolehan 21.624 suara.