PSI Desak Dua Cawagub DKI Riza dan Nurmansjah Diuji Secara Terbuka

JAKARTA | 20 Januari 2020 19:29 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Partai Gerindra dan PKS mengusulkan dua nama yakni Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra sebagai Cawagub DKI. Ketua Fraksi PSI, Idris Ahmad menyatakan kedua cawagub harus menjalani fit and proper test secara terbuka.

"Memang adalah hak Gerinda dan PKS untuk mengusulkan nama calon Wakil Gubernur DKI, namun seharusnya prosesnya juga terbuka. Ini sudah berapa lama posisi Wagub kosong. Fraksi PSI DKI mendesak DPRD untuk melakukan uji kelayakan dan kepatutan secara terbuka untuk dua nama yang diusulkan," kata Idris lewat keterangannya, Senin (20/1).

Menurut Idris, publik berhak tahu kualitas calon Wakil Gubernur yang diusulkan. Dia bilang, fit and proper test secara terbuka menjadi cara masuk akal untuk menilai siapa yang layak menjadi Wagub sebelum voting dimulai.

"Demi kualitas proses pemilihan Wagub, kami usulkan ada semacam public hearing secara live, di mana para kandidat menjelaskan latar belakang, visinya, dan juga menjawab pertanyaan dari masyarakat," kata Idris.

Dia menambahkan, PSI mendorong agar publik dilibatkan dalam mengkritisi latar belakang para calon. Idris mengatakan, public hearing adalah mekanisme di mana panitia pemilihan dapat menanyakan sejumlah pertanyaan untuk menggali latar belakang dan kompetensi seorang calon sebelum kemudian dilakukan voting. (mdk/bal)

Baca juga:
Alasan PKS Coret Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu dari Cawagub DKI
Nurmansjah Lubis Tak Ingin Jadi Matahari Kembar Bagi Anies Baswedan
PKS Yakin Nurmansjah Lubis Jadi Wagub DKI
Ini Alasan PKS Tak Hadir di Pengumuman Dua Nama Cawagub DKI
Batal Jadi Cawagub DKI dari PKS, Ahmad Syaikhu Legowo
Gerindra Umumkan 2 Cawagub DKI, PKS Tak Ikutan dan Singgung Grasa-Grusu

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.