Rapid Test 58 Kelurahan di DKI, 5.682 Orang Reaktif Covid-19

Rapid Test 58 Kelurahan di DKI, 5.682 Orang Reaktif Covid-19
JAKARTA | 1 Juni 2020 19:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta telah melakukan rapid test virus Corona atau Covid-19 terhadap 143.091 orang yang tersebar di lima kota administrasi dan satu kabupaten. Rapid test tersebut sudah dilaksanakan sejak akhir Maret 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti menyatakan untuk persentase positif bagi yang mengikuti rapid test mencapai empat persen. Dia juga menyatakan ada sekitar 58 Kelurahan terpilih yang dilakukan rapid test tersebut.

"Dengan rincian 5.682 orang dinyatakan reaktif Covid-19 dan 137.409 orang dinyatakan non-reaktif," kata Widyastuti dalam keterangan pers, Senin (1/6).

Dia menjelaskan untuk kasus positif ditindaklanjuti dengan pemeriksaan swab secara PCR. Kemudian apabila hasil test PCR dinyatakan positif akan dilakukan rujukan ke Wisma Atlet atau RS atau dilakukan isolasi secara mandiri di rumah.

Karena hal itu, Widyastuti mengimbau agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan. Salah satunya yakni menggunakan masker.

"Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak antarorang minimal 1,5 - 2 meter, dan menjaga diri untuk tetap beraktivitas di rumah," ucapnya.

Sementara itu, jumlah pasien positif virus Corona atau Covid-19 di Jakarta mengalami kenaikan sebanyak 111 kasus. Saat ini (Senin,1 Juni 2020) jumlah tersebut mencapai 7.383 pasien yang dinyatakan positif.

Sedangkan sebanyak 2.246 orang dinyatakan telah sembuh dan 521 orang meninggal dunia. Kemudian sebanyak 1.794 pasien Corona masih menjalani perawatan di rumah sakit dan 2.822 orang melakukan self isolation di rumah.

Ribuan kasus tersebut tersebar di lima kota administrasi di Jakarta. Mulai dari Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Reporter: Ika Defianti

Sumber : Liputan6.com (mdk/rhm)

Baca juga:
Percepat Pemeriksaan Sampel Covid-19, Sumsel Tambah Laboratorium dan 3 Mesin TCM
Seorang Pedagang di Denpasar Positif Corona, 76 Orang Di-rapid Test
Hingga 1 Juni 2020, Sudah 232.113 Orang Dites Covid-19 di Indonesia
Pemerintah Aceh Gratiskan Rapid Test dan PCR untuk Warganya
Polisi Bantah Tahanan Papua Terpapar Corona
Anggota DPR Minta Pemerintah Rapid Test di Pesantren, Lindungi Santri Hingga Kiai

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5