Ratusan Relawan Daftar jadi Psikolog Dampingi Tenaga Medis Covid-19 di Jakarta

Ratusan Relawan Daftar jadi Psikolog Dampingi Tenaga Medis Covid-19 di Jakarta
JAKARTA | 3 April 2020 19:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jaktour), Novita Dewi mengatakan sebanyak ratusan orang telah mendaftar sebagai relawan psikolog untuk memberikan konseling pada tenaga medis yang menangani kasus virus Corona atau Covid-19.

"Sudah ada 158 calon volunteer yang sudah mendaftar. Namun kita masih melakukan pensortiran dan klarifikasi terkait dengan persyaratan yang harus dipenuhi," kata Novita kepada Liputan6.com, Jumat (4/4/2020).

Dia menyatakan syarat bagi psikolog yang mendaftar adalah memiliki sertifikat psikolog klinis. Sertifikat itu harus dilampirkan saat mendaftar melalui website https://tinyurl.com/Relawanpsikologjkt.

Novita juga menyatakan pendaftaran ini berdasarkan arahan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memberikan pelayanan kepada tenaga medis.

"Sampai tadi malam baru 10 orang yang sudah mempunyai sertifikasi psikolog klinis," jelasnya.

Selain itu, pemerintah DKI Jakarta juga mengalihfungsikan empat hotel milik pemerintah DKI Jakarta, sebagai tempat tinggal bagi para tenaga medis yang merawat pasien Covid-19.

Direktur Utama PT Jakarta Tourisindo (Jaktour) Novita Dewi menyatakan, 600-an tenaga medis sudah menempati empat hotel milik Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta.

Berikut daftar hotel dan fasilitasnya, seperti dirangkum Liputan6.com, Kamis (2/4/2020).

1. Hotel Grand Cempaka Business

Novita menyebutkan terdapat 438 tenaga medis yang menginap di 223 kamar. Hotel Grand Cempaka Business diisi oleh tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu dan RSUD Tarakan.

2. Hotel d'Arcici Alhijra

Tenaga medis yang mengisi hotel ini berjumlah 156 orang, dan hotel ini diisi oleh tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu dan RSUD Tarakan.

3. Hotel d'Arcici Plumpang

Hotel ini diisi oleh tenaga medis berjumlah 47 orang yang menempati 26 kamar. Hotel ini dikhususkan untuk tenaga medis yang bertugas di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit dan RSUD Koja.

4. Hotel d'Arcici Sunter

Hotel ini diisi oleh 30 tenaga medis di 14 kamar. Hotel yang beralamat di Jalan Sunter Permai Raya nomor 1A, Sunter Paradise, Jakarta Utara, dikhususkan untuk Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit dan RSUD Koja.

Reporter: Ika Defianti (mdk/ded)

Baca juga:
20.532 Rapid Test di DKI, 428 Dinyatakan Positif Covid-19
Cegah Penyebaran Covid-19, DLH DKI Terapkan Protokol Pengelolaan Masker Bekas
Pakar Epidemiologi Khawatir Khofifah Salah Sebut Istilah 'Herd Immunity'
Limbah Medis Penanganan Pasien Covid-19 di Kaltim Capai 2,5 Ton
Pemberian Token Listrik PLN Gratis Lewat Whatsapp Baru Bisa Senin Esok
14 Murid Setukpa Polri Sukabumi dari Polda Kalteng Jadi ODP dan PDP Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami