Rekam Jejak Donny Andy Saragih Sampai Akhirnya Dibatalkan jadi Dirut Transjakarta

JAKARTA | 28 Januari 2020 06:00 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Donny Andy S Saragih ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Transjakarta menggantikan Agung Wicaksono. Penunjukan itu berdasarkan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) PT Transjakarta pada Kamis (23/1) lalu.

Ternyata Donny berstatus terpidana kasus penipuan. Ia terbukti bersalah melakukan tindak pidana penipuan secara berlanjut. Ombudsman pun langsung bergerak cepat untuk menyelidiki maladministrasi dalam pengisian jabatan Donny sebagai Dirut baru Transjakarta.

Baru beberapa hari menjabat, Pemprov DKI akhirnya memutuskan untuk membatalkan Donny sebagai Dirut Transjakarta. Berikut ini rekam jejak, Donny Andy S Saragih, terpidana kasus penipuan:

1 dari 6 halaman

Terbukti Melakukan Penipuan

PN Jakarta Pusat telah menyatakan Donny dan koleganya terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan secara berlanjut.

"Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa I PORMAN TAMBUNAN als ANDI TAMBUNAN als ANDI II. DONNY ANDY SARMEDI SARAGIH, oleh karena itu dengan pidana penjara masing-masing selama 1 (satu) tahun," bunyi putusan dengan nomor perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst.

2 dari 6 halaman

Tahanan Kota

Dalam putusan dengan nomor perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst. Hakim menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani Para Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan.

"Menetapkan agar Para Terdakwa tetap ditahan dalam tahanan kota," tulis putusan itu.

3 dari 6 halaman

Barang Bukti

Dalam kasus ini, sejumlah barang bukti diperoleh, antara lain, uang senilai Rp20 juta, uang dalam bentuk USD senilai 1.000 dolar. Kemudian, uang tunai pecahan Rp50.000,- senilai Rp10.000.000,- (sepuluh juta Rupiah). Hakim memutuskan uang tersebut dikembalikan kepada Gusti Terkelin Soerbakti.

Selain uang, ada juga 1 unit mobil Toyota Fortuner dengan Nopol B 483 DAS warna silver metalik. "Membebankan kepada para Terdakwa untuk membayar biaya dalam perkara ini masing-masing sejumlah Rp5.000," kata hakim.

4 dari 6 halaman

Hukuman Diperberat

Selanjutnya Donny dan Andi selanjutnya mengajukan upaya kasasi ke Mahkamah Agung. Dalam putusan kasasi nomor 100 K/PID/2019 pada 12 Februari 2019, majelis hakim menolak permohonan kasasi Donny dan Andi.

Hakim malah memperberat hukuman pidana penjara kepada keduanya masing-masing menjadi 2 tahun.

5 dari 6 halaman

Diduga Melakukan Maladministrasi

Sementara itu, Anggota Ombudsman DKI Jakarta, Teguh P Nugroho menjelaskan, awalnya mendapatkan laporan dari masyarakat terkait dugaan maladministrasi yang dilakukan Pemprov DKI. Ombudsman telah melakukan pelacakan awal atas laporan tersebut.

"Sesuai dengan Pergub, pengangkatan pejabat BUMD di lingkungan ada kewajiban bahwa calon pejabat BUMD tidak dalam proses pemidanaan dalam waktu sekurangnya lima tahun. Nah Donny ini sedang dalam masa tahanan," tegas Teguh.

Ombudsman menduga ada maladministrasi yang dilakukan Pemprov DKI dalam hal ini Dewan Pengawas BUMD. Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 Tahun 2018 mengatur tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Direksi BUMD dan Perusahaan Patungan.

"Dugaannya Pemprov DKI lalai tidak melakukan tracking terhadap calon pejabat BUMD," kata Teguh.

6 dari 6 halaman

Penunjukan Dirut Transjakarta Dibatalkan

Pemprov DKI Jakarta membatalkan penunjukan Donny Andy Saragih sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Donny tercatat terpilih sebagai Dirut Transjakarta sejak, Kamis, 23 Januari 2020.

Kepala Badan Pembinaan BUMD Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Faisal Syafruddin menyatakan pembatalan itu sudah berdasarkan mekanisme keputusan para pemegang saham di luar Rapat Umum Pemegang Saham PT Transjakarta.

"Pembatalan ini dilakukan karena Donny Saragih, yang selama ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (2017-2022), terbukti telah menyatakan hal yang tidak benar untuk kepentingannya dalam mengikuti proses seleksi sebagai direksi BUMD," kata Faisal dalam keterangan pers, Senin (27/1).

Karena hal itu, Faisal menyatakan untuk mengisi kekosongan Dirut PT Transjakarta digantikan oleh Direktur Teknik dan Fasilitas PT Transjakarta Yoga Adiwinarto.

"Mengangkat saudara Yoga Adiwinarto sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Transjakarta," jelasnya. (mdk/dan)

Baca juga:
Pemprov DKI Batalkan Penunjukan Donny Saragih Sebagai Dirut Transjakarta
Dirut Transjakarta Andy Saragih Ternyata Terpidana Penipuan, Ini Rekam Jejaknya
Ini Perkara Penipuan yang Menjerat Dirut Baru Transjakarta
Dirut Baru Transjakarta Ternyata Terpidana Penipuan
Wakil Ketua DTKJ Donny Andy Ditunjuk Sebagai Dirut Transjakarta
Ingin Fokus dengan Keluarga, Agung Wicaksono Mundur dari Dirut Transjakarta

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.