Revitalisasi Monas, Pemprov DKI Jakarta Pindahkan 85 Pohon

JAKARTA | 24 Januari 2020 19:12 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menegaskan, kalau hanya ada 85 pohon yang dipindahkan karena revitalisasi Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. Pohon yang dipindahkan itu, ia memastikan sudah diletakkan dan dikelola dengan tepat.

"Yang fix hasil rapat kita ada pohon yang kita pindahkan ke sisi barat 55 ke sisi timur 30," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (24/1).

Menurutnya, proyek tersebut dikerjakan berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) 25 Tahun 1995 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

"Gambar sebagai lampiran pada keppres. Ini sebagai sayembara kita, jadi sama. Pada sisi sini nanti ada tanaman dan pada waktunya nanti kita akan mengundang semuanya bagaimana Pemprov DKI mengelola rasa pri kepohonan," ujarnya.

Berdasarkan kepres tersebut, mantan Wali Kota Jakarta Pusat itu mengungkapkan, kemudian dibuat sayembara untuk merevitalisasi wajah ikon ibu kota iu.

"Pada Keppres 25 Tahun 1995 dalam sayembara itu konsepnya memang untuk keseluruhan kawasan. Yang nanti berbagai fase pekerjaannya akan dikonsultasikan dengan pemerintah pusat," pungkasnya.

1 dari 1 halaman

Sebelumnya, Kepala Unit Pengelola Monas, Muhamad Isa Sanuri menyatakan revitalisasi di kawasan Monas merupakan bagian dari Rencana Induk Penataan Rencana Tapak Kawasan Medan Merdeka. Dia menyebut sayembara desain sudah ditetapkan pada tahun 2019.

"Saat ini pelaksanaannya sedang dikerjakan oleh Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan Provinsi DKI Jakarta sejak 2019, dengan target pengerjaan selama tiga tahun," kata Isa dalam keterangan tertulis, Senin (20/1/2020).

Dia menjelaskan revitalisasi itu untuk membangun Lapangan Plaza ini setiap sisi hingga adanya kolam. Selain itu, penghijauan di area parkir juga terus dilakukan.

Untuk saat ini, Isa menyatakan revitalisasi baru dilakukan di area Plaza Selatan. Pohon yang ada di kawasan itu akan dipindahkan ke sejumlah titik.

"Ke area Barat, Timur, serta area parkir kendaraan yang selama ini berada di kawasan Medan Merdeka, atau dikenal dengan eks parkir IRTI," ucapnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Penampakan Pohon Dipindahkan untuk Revitalisasi Monas
Mimpi Bung Karno, Patung Banteng di Sudut Monas
VIDEO: Menelusuri Lokasi Kantor Kontraktor Revitalisasi Monas
Pemprov DKI Akui Belum Kantongi Izin Revitalisasi Monas dari Kemensesneg
Ini Penampakan Kantor Kontraktor Revitalisasi Monas di Ciracas

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.