'Ruang Baca Jakarta' Sensasi Menikmati Buku Sambil Memandang Ibu Kota

JAKARTA | 10 Desember 2019 14:36 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Warga Jakarta yang memiliki segudang aktivitas, tempat ini bisa jadi alternatif melepas penat. Ruang Baca Jakarta terletak di kawasan MRT, Dukuh Atas, Jakarta Pusat bisa dipilih untuk bersantai.

Ruang Baca Jakarta tak sulit ditemui. Cat mencolok berwarna biru membuat tempat ini mudah ditemui saat melintas di kawasan Dukuh Atas. Sekaligus, tempat menambah wawasan sembari menunggu jadwal MRT.

Walaupun tampak kecil, bangunan ini memberikan rasa nyaman untuk pengunjung membaca buku-buku yang ada di sana. Hal itu ditunjang dengan tata letak buku di dalam tiga rak. Suasana makin sejuk karena terpasang pendingin ruangan.

1 dari 2 halaman

Buka Sejak Pagi

Ruang Baca Jakarta buka setiap hari, sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore. Disediakan dua meja, delapan kursi, dan satu kursi empuk.

Buku-buku yang ada di ruang baca ini cukup beragam. Di antaranya, novel berjudul Susah Sinyal karya Ika Natassa & Ernest Prakasa, Pergi karya Tere Liye, dan SEPULUH TAHUN GAGASAN PALING INOVATIF DALAM DUNIA BISNIS karya Mark N. Vamos dan David Lidsky dan masih banyak buku lainnya.

"Buku-buku ini tidak untuk dipinjamkan. Pengunjung hanya bisa membaca buku langsung di tempat," kata salah satu petugas yang berjaga kepada merdeka.com, Selasa (10/12).

2 dari 2 halaman

Silakan Berdonasi Buku

Bagi yang ingin menyumbangkan buku sangat diperbolehkan. Diharapkan partisipasi warga Jakarta, ragam buku di ruang baca ini akan semakin bertambah dan memperkaya wawasan pembaca.

"Kalau mau donasi bisa ke sini, ke drop box putih yang udah disediakan," jelasnya.

Reporter Magang: Bagus Kusumo Sejati (mdk/lia)

Baca juga:
Minat Baca Anak Indonesia di Bawah Malaysia, Ini Tanggapan Mendikbud Nadiem
Menekan Anak Kecanduan Gadget Lewat Rumah Baca
Asyik, Kini Ada Ruang Baca Buku di Semua Stasiun MRT Jakarta
Tingkatkan Minat Baca Siswa, Pemerintah Aceh Canangkan Satu Kelas Satu Buku
Sri Mulyani Sebut Minat Baca Orang Indonesia Masih Rendah
Upaya Anies Tingkatkan Daya Minat Baca Warga Jakarta

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.