Rumah Dibongkar, Warga Korban Tanah Longsor di Kalisari Tak Diberi Rusun

JAKARTA | 27 November 2018 13:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Hunian yang menjadi korban tanah longsor di Perumahan Pesona Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur akan dibongkar. Meski demikian, pemilik rumah tak akan diberikan unit rusun sebagai pengganti tempat tinggal.

"Enggak-enggak, buru-buru. Ini masyarakat mampu," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Gedung DPRD DKI, Selasa (27/11).

"Mereka tinggal di situ cukup baik. Nanti tinggal dimusyawarahkan. Pasti mereka juga tidak ingin tinggal di tempat yang berisiko," sambung Anies.

Hasil pengecekan Anies, banyak hunian di sekitar lokasi tidak memiliki IMB. Meskipun si pemilik mengakui memiliki sertifikat lengkap termasuk IMB.

"Ini bangunan-bangunan uang dibangun tanpa izin dan tidak memperhitungkan kekuatan struktur," ujar dia.

Anies mengatakan, Pemprov akan melakukan audit sebelum membongkar rumah tak berizin di lahan hijau. "Ketiga rumah-rumah yang berada di pinggir tanggul akan kita review akan kita audit semuanya dan bila tempat ini adalah tempat beresiko maka bangunan bangunan itu harus dibongkar. Kalau tidak malah berisiko," tutur Anies.

Mantan Mendikbud itu mempersilakan warga di kawasan tanah longsor itu untuk pindah. "Jadi bagi yang tinggal disitu punya pilihan. Pilihannya terjadi seperti ini atau pindah ke tempat lain yang lebih aman," tegas Anies.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Cerita Pemilik Rumah Saat Tanah Longsor di Kalisari Pasar Rebo
Rumah Longsor di Kalisari Jadi Tontonan Warga
Petugas Dibantu Alat Berat Bersihkan Sisa Longsor di Perumahan Pesona Kalisari
Tak Ada IMB, Rumah Korban Tanah Longsor di Kalisari Akan Dibongkar
Parahnya Kondisi Rumah yang Longsor di Pasar Rebo
Petugas Mulai Bersihkan Puing Rumah Longsor di Kalisari Pasar Rebo



(mdk/lia)