Sambangi Lembaga Kebudayaan Betawi, Gubernur Anies Ungkap Belajar Pantun dan Lenong

JAKARTA | 9 Desember 2019 20:15 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) kedatangan tamu istimewa di hari pertama pekan kedua Desember ini (9/12). Betapa tidak, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi kantor LKB yang berada di lantai 4 Gedung Nyi Ageng Serang di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kebetulan kantor LKB satu lantai dengan kantor Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang memiliki Ketua Umum baru, ya Anies Baswedan sendiri.

Sekitar jam 14 WIB, Gubernur Anies dan rombongan tiba di LKB yang terus berkreasi di bawah Ketua Umum, Beky Mardani.

Beky Mardani dengan kemeja putihnya menyambut kedatangan orang nomor satu di ibukota negara ini. Turut menyambut pula jajaran pengurus LKB periode 2018-2021, antara lain Yoyo Muchtar, Yahya Andi Saputra, Yusron Syarief, Hj Tonah, Ghois Al Maghribi, Bang Rudi, Fadjriah Nurdiarsih, dan sebagainya.

Di 'pusat kreativitas dan pelestarian' kebudayaan Betawi ini, suasana yang terbangun begitu cair dan hangat. Bagai bersahabat, Gubernur Anies tampak sangat akrab dengan pengurus LKB yang hadir sambil melihat dengan seksama fasilitas kesekretariatan LKB.

Tak terlihat perbincangan yang kaku dengan aturan protokoler. Dia begitu akrab dan saling berbalas candaan dengan beberapa pengurus LKB. Bahkan beberapa kali Bang Anies tertawa lepas menanggapi candaan para pengurus LKB.

Beky Mardani mengatakan gubernur menyatakan niatnya belajar pantun Betawi dalam kunjungan ini.

"Gubernur tertawa lepas ketika Mpok Tonah bercanda soal rencana Bang Anies mau belajar main lenong. Kata Mpok Tonah, kalau gubernur bisa maen lenong, kami (seniman lenong) mau di kemanain," ungkap Beky kepada Merdeka.com, Senin (9/12).

1 dari 1 halaman

Anies Janjikan Waktu Khusus buat LKB

2019 Merdeka.com

Gubernur berjanji akan menyiapkan waktu khusus untuk berdiskusi dengan pengurus LKB untuk tahu lebih detail tentang program-program kerja LKB. Pada kesempatan itu, LKB juga menginformasikan beberapa kegiatannya, antara lain pelatihan pantun buat lurah di Jakarta Selatan, pembekalan konten kebetawian bagi kelompok kerja guru-guru bahasa Inggris sebagai bahan ajar muatan lokal, dan lain-lain.

"LKB juga mendukung program revitalisasi TIM sebagai tempat berkreasi seniman. TIM harus menjadi kebanggaan semua dan menjadi tempat pertunjukan berskala internasional. Ini sejalan dengan visi gubernur yang ingin mengembangkan budaya termasuk budaya Betawi," kata Beky.

Menjelang akhir kunjungannya, Gubernur Anies mengingatkan kepada pengurus LKB bahwa selain pelestarian, yang tak kalah penting juga adalah program pengembangan budaya Betawi. (mdk/sya)

Baca juga:
Sejak Kepemimpinan Jokowi, Rumah Dinas Gubernur DKI Belum Direnovasi
Pemprov DKI Beli Bangunan Cagar Budaya di Kota Tua Senilai Rp88 Miliar
Upaya Merawat Budaya Betawi agar Tak Punah
Sambut Pergantian Tahun, Pemkot Jakarta Selatan Gelar Parade Betawi
Melihat Progres Pembangunan Rumah Betawi di Setu Babakan
Karnaval Ondel-Ondel Menolak Ondel-Ondel Dijadikan Alat Mengamen

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.