Sambut New Normal, Layanan BQMI di Taman Mini Kembali Dibuka

Sambut New Normal, Layanan BQMI di Taman Mini Kembali Dibuka
JAKARTA | 7 Juli 2020 09:52 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kemenag kembali membuka Layanan Bayt Alquran dan Museum Istiqlal (BQMI) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Setelah sebelumnya, kedua layanan tersebut tutup akibat terdampak pandemi Covid-19.

Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Sa'adi, meresmikan pembukaan kembali Layanan Bayt Alquran dan Museum Istiqlal (BQMI) tersebut.

Selain peresmian, Wamenag Zainut Tauhid juga memastikan kesiapan Bayt Alquran dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat di era normal baru. Yakni dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana yang diwajibkan oleh pemerintah.

Menurut Wamenag, layanan BQMI sempat ditutup sejak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta pada 16 Maret 2020.

"Sejak itu, BQMI tidak melayani para pengunjung," ujar Wamenag Zainut.

Wamenag Zainut menyampaikan apresiasi Lajnah Pentashihan Mushaf Aquran (LPMQ) Balitbangdiklat Kemenag RI, yang merupakan bagian dari BQMI.

"Mereka selama ini telah berusaha mengawal kesahihan kitab suci Alquran, dan meningkatkan pemahaman masyarakat muslim Indonesia terhadap kitab sucinya melalui kajian dan penerbitan tafsir dan literatur Alquran," kata Wamenag.

1 dari 1 halaman

Selain itu, lanjut Zainut, langkah inovatif juga dilakukan oleh LPMQ dalam menjaga dan melestarikan warisan karya tulis Alquran dan arsitektur Islam melalui Bait Alquran dan Museum Istiqlal.

"Alquran merupakan satu-satunya kitab suci yang paling banyak dicetak dan beredar di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, penting menjaga kesahihan teks Alquran agar terhindar dari kesalahan dalam bentuk apapun," tutur dia.

Zainut menambahkan LPMQ bisa menjadi garda utama dalam mensosialiasikan prinsip-prinsip moderasi dalam beragama melalui literasi Alquran, dengan menggiatkan kajian-kajian Alquran yang sistematis.

"Ini agar nilai-nilai Alquran senantiasa hidup dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat muslim Indonesia," tutupnya.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber: Liputan6.com (mdk/rnd)

Baca juga:
Cerita Seniman TMII Alih Profesi jadi Pedagang Bawang hingga Jual Harta Benda
Hari Kedua Pembukaan, Begini Suasana Taman Mini Indonesia Indah
TMII Kembali Dibuka, Pengunjung Didominasi Pesepeda
Kembali Beroperasi, Ini Waktu Operasional TMII, Ragunan hingga Ancol
Sterilisasi TMII Jelang Dibuka Kembali
Kembali Beroperasi, TMII Bakal Batasi Pengunjung Saat New Normal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami