Sediakan lapak, Anies sebut PKL Tanah Abang tidak perlu kucing-kucingan

JAKARTA | 22 Desember 2017 13:10 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan langsung meninjau kawasan Tanah Abang. Setibanya di Stasiun Tanah Abang, dia langsung turun melalui tangga di pintu lama stasiun tersebut.

Keluar dari stasiun, Anie langsung memasuki Bus Transjakarta yang berhenti di Jalan Jatibaru Raya persis di depan pintu. Bus ini nantinya akan disediakan untuk warga mengelilingi Pasar Tanah Abang secara gratis.

Terdapat enam titik pemberhentian bagi shuttle bus untuk mengitari Tanah Abang, yakni Halte Stasiun Tanah Abang, Halte Blok G, halte Blok C, Halte Auri 1, Halte Auri 2, dan Halte Fly Over.

Mantan Menteri Pendidik ini datang untuk meninjau tenda-tenda yang disiapkan untuk pedagang kaki lima (PKL). Anies mengatakan, dengan penataan seperti ini memberikan ruang kepada PKL untuk berjualan dengan tenang dan tidak perlu takut-takut untuk ditertibkan.

"Sekarang penertibannya lebih jelas, karena di mana area boleh berdagang di mana tidak boleh berdagang, dan tak perlu kucing-kucingan karena mereka mendapatkan tempat berdagang," katanya di kawasan Pasar Tanah Abang, Jumat (22/12).

Seperti diketahui penataan kawasan Tanah Abang, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan penutupan salah satu sisi Jalan Jati Baru di depan pintu lama Stasiun Tanah Abang. Nantinya tempat tersebut diperuntukkan untuk PKL.

Anies mengatakan PKL ini hanya berjualan di sepanjang jalan dari pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB dan sepanjang jam tersebut lalu lintas sekitar situ akan dialihkan. Sehingga akses warga sekitar situ tidak dan masyarakat lain tidak terganggu.

"Karena itulah penutupannya tidak dimulai jam 6 pagi tapi jam 8 pagi, pengalihan arus lalu lintas, supaya semua bisa Memiliki akses untuk berangkat kerja untuk berangkat sekolah dan jalur yang diajukan pengalihan lalu lintas hanya satu ruas, tidak dua ruas, dan warga juga bisa memanfaatkan TransJakarta untuk menjangkau mana saja," jelasnya.

Anies mengatakan tenda-tenda PKL saat ini memang belum terpasang semua dan sehingga banyak PKL yang belum memiliki lapak berjualan. Dia menambahkan, pemasangan sebanyak 400 tenda akan dilakukan secara bertahap.

"Memang belum, sebagian belum, terpasang, tapi nanti semuanya 400 akan siap terpasang, kalau sudah terpasang semua, akan sampai ujung jalan, semuanya terpakai," tutupnya.


Lulung nilai penataan Tanah Abang ala Anies-Sandi belum sempurna
Ragam reaksi warga saat naik bus gratis Tanah Abang Explorer
Kata mereka soal trotoar Tanah Abang kini bersih dari PKL
Sediakan lapak, Anies sebut PKL Tanah Abang tidak perlu kucing-kucingan
PKL Tanah Abang tak dapat lapak: Pak Anies udah bagus-bagus kok kayak gini

(mdk/fik)