Sedihnya Anies Baswedan Saat Meninjau TPU Rorotan

Sedihnya Anies Baswedan Saat Meninjau TPU Rorotan
Anies Baswedan meninjau TPU Rorotan. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori
JAKARTA | 16 Juli 2021 07:33 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Taman Pemakaman Umun (TPU) khusus Covid-19 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (15/7) petang. Anies didampingi Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati sore itu.

Dilatari ufuk senja, wajah Anies terlihat sedih menyaksikan luasnya keterisian lahan TPU Rorotan oleh petak-petak makam jenazah korban keganasan Covid-19 di Ibu Kota.

Padahal, TPU Rorotan pada Februari 2021 masih berupa lahan kosong yang dikelilingi hamparan.

"Kini sejauh mata memandang hanya hamparan liang kubur," ujar Anies dalam acara Doa dan Zikir Bersama yang diselenggarakan Korps Muballigh Musyawarah Indonesia secara virtual, Kamis (15/7).

Dalam kesempatan itu, Anies juga memberikan makanan kepada petugas pemakaman. "Selamat bertugas, jaga stamina, dan jaga kesehatan," ujar Anies seperti dikutip dari Antara.

Anies menyampaikan, pada Rabu (14/7) petugas memakamkan jenazah dengan menggunakan protokol Covid-19 hingga mencapai 306 jenazah. Angka tersebut bukan sekadar angka statistik, melainkan kondisi yang sangat menyedihkan yang benar dialami Ibu Kota.

anies baswedan meninjau tpu rorotan
©2021 Merdeka.com/Imam Buhori

Akhir bulan lalu, tepatnya pada tanggal 23 Juni 2021, Anies sempat mengunjungi TPU Rorotan. Di sana Gubernur DKI menginspeksi kesiapan sejumlah petugas pemulasaraan jenazah dan pemakaman dan juga memberikan semangat.

Anies bertemu seorang ibu yang mengunjungi makam suaminya di sana, tampak menangis sedih di atas pusara makam jenazah lelaki 54 tahun yang baru saja dikuburkan.

Padahal, sepekan sebelumnya, almarhum masih terlihat sehat. Akan tetapi, karena terinfeksi Covid-19, akhirnya ia pun meninggal dunia.

Menurut Anies, pandemi Covid-19 saat ini adalah sebuah peringatan betapa lemahnya manusia berhadapan dengan musuh tak terlihat.

Untuk itu, dia meminta agar warga benar-benar memanjatkan doa kepada Sang Pencipta agar lonjakan kasus Covid-19 saat ini segera berakhir. (mdk/bal)

Baca juga:
Dalam Kepgub, Warga Jakarta Menolak Isolasi Bisa Dijemput Paksa
Anies Terbitkan Kepgub Tetapkan 184 Lokasi Isolasi Dengan Daya Tampung 26.134 Orang
Survei Pakar: Anies Bersaing dengan Ganjar dan RK Capres dengan Kapasitas Tertinggi
Anies Wajibkan Pemilik STRP Kantongi Sertifikat Vaksinasi Covid-19
Anies Terbitkan Ingub, Pemilik STRP Wajib Memiliki Sertifikat Vaksinasi Covid-19
Anies Naikan Kapasitas Isolasi Pasien Covid-19 hingga 26.134 Orang
Anies Singgung Masih Ada Bos Perusahaan Tak Bermoral di Situasi PPKM Darurat

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami