Sekda DKI: Pengerukan Sungai Dilakukan Secara Masif Akhir Tahun 2020

Sekda DKI: Pengerukan Sungai Dilakukan Secara Masif Akhir Tahun 2020
Potret kawasan kumuh di bantaran Ciliwung. ©2020 Liputan6.com/Immanuel Antonius
JAKARTA | 26 Februari 2020 17:47 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah menyatakan pengerukan sungai yang mulai dangkal akan dilakukan secara serentak di akhir tahun 2020. Pengerukan juga akan menyasar danau-danau.

Pengerukan sungai atau dikenal dengan istilah normalisasi sungai dilakukan akhir tahun lantaran masih ada sungai-sungai yang menjadi kewenangan pemerintah pusat.

"Ini persoalannya di kali masih pengelolaan kementerian. Kemarin bagus sekali kepala BBWSCC-nya bahwa ya sudah kalau ada pendangkalan suatu tempat di 13 sungai itu DKI bikin surat lalu kita izinkan itu enggak ada masalah," kata Saefullah di Balai Kota, Rabu (26/2).

Saefullah menegaskan pengerukan di akhir tahun bukan berarti sepanjang 2019 dan 2020 tidak ada upaya normalisasi sungai. Upaya pengerukan terhadap beberapa saluran penghubung sudah dilakukan dengan maksimal.

"Jadi itu harus dilakukan secara masif di akhir 2020 arahan Pak Gubernur akan lakukan pengerukan untuk persiapan beberapa tahun ke depan," kata dia.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Ketua Balai Besar Wilayah...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami