Sempat Dikritik Fraksi PDIP DKI, Anies Didampingi Riza Hadiri Rapat Paripurna di DPRD

Sempat Dikritik Fraksi PDIP DKI, Anies Didampingi Riza Hadiri Rapat Paripurna di DPRD
Gedung Baru DPRD DKI Jakarta. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho
JAKARTA | 19 Oktober 2021 10:53 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - DPRD DKI Jakarta menggelar rapat paripurna. Jika sebelumnya PDIP DKI mengeluhkan ketidakhadiran gubernur. Hari ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan wakilnya, Ahmad Riza Patria, terpantau hari. Momen langka bagi Anies dan Riza, dalam satu meja bersama menghadiri rapat paripurna.

Agenda paripurna hari ini membahas Rancangan Peraturan Daerah Perda tentang APBD Perubahan DKI tahun anggaran 2021 dan Raperda jaringan utilitas.

Seperti kritik dari anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak mempertanyakan kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam setiap agenda legislatif dan eksekutif. Gilbert mengkritik Anies kerap kali diwakili Wakil Gubernur, Ahmad Riza Patria, dalam beberapa rapat besar.

"Sudah berbulan-bulan dan berkali-kali kegiatan rapat paripurna di DPRD tanpa kehadiran Gubernur. Anies masih menerima gaji dan bersumpah sewaktu diangkat, seharusnya kehadiran secara fisik lebih dibutuhkan untuk urusan DKI," ucap Gilbert, Selasa (12/10).

rapat paripurna rancangan peraturan daerah perda tentang apbd

Sebaliknya, kritik Gilbert, Anies kerap menghadiri agenda ataupun satu kegiatan yang sedianya dapat dilakukan secara daring, justru hadir secara fisik. Ia mencontohkan kehadiran Anies dalam acara talk show PAN, di Bali beberapa waktu lalu.

Menurut Gilbert, hal lain yang sangat mengganggu adalah banyaknya polemik yang timbul akibat kebijakannya, namun tidak diberi penjelasan langsung.

"Sementara untuk urusan pribadinya tatap muka langsung, padahal kebijakan itu untuk rakyat, dan menggunakan uang rakyat," pungkasnya.

Kritik dari PSI disuarakan Sekretaris Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, Anthony Winza mempertanyakan sikap Gubernur Anies Baswedan yang kerap absen menghadiri rapat paripurna. Kehadiran Anies, seringkali digantikan oleh Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

"Sebelumnya saya mau mengucapkan terima kasih kepada Pak Wagub yang selalu hadir di rapat-rapat penting seperti ini menggantikan Pak Gubernur yang saya lihat kalau di rapat seperti anggaran ini tidak terlihat hadir mungkin ada kesibukan lain, tapi saya menghargai Pak Wagub," ucap Anthony di DPRD DKI, Rabu (8/9).

Pada 8 September, DPRD menggelar rapat paripurna dengan agenda pertanggungjawaban penggunaan APBD DKI 2020. Sedianya, Gubernur Anies Baswedan menghadiri rapat dan menyampaikan sambutan.

Namun kehadirannya diwakili oleh Riza. Dalam sambutan Anies yang dibacakan ulang oleh Riza, berisi harapan hubungan eksekutif dan legislatif Jakarta dapat bersinergi baik yang berdampak positif terhadap laporan keuangan daerah dan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sementara itu, hari ini, Selasa (19/10) DPRD menggelar rapat paripurna yang membahas 2 Raperda itu. Rapat dibuka sekitar pukul 10.20 WIB, oleh Wakil Ketua DPRD DKI, Zita Anjani.

Sebagaimana aturan tentang kapasitas maksimal orang dalam ruangan, umumnya anggota DPRD DKI menghadiri rapat paripurna melalui virtual yang difasilitasi pihak DPRD. Sedangkan anggota dewan yang hadir fisik di ruang paripurna hanya 50 persen kapasitas. (mdk/lia)

Baca juga:
Ketua DPRD DKI: Saya Belum Dipanggil Badan Kehormatan Soal Interpelasi
PDIP Kritisi Kinerja Gubernur DKI, Tuding Anies Terlalu Sibuk Berteori
Anggota DPRD DKI Usul Pembentukan Lembaga Khusus untuk Tata Permukiman Kumuh
PSI Kirim Surat Pemecatan Viani Limardi dari DPRD DKI
Anies Baswedan Seharusnya Aktif Hadir Rapat dengan DPRD DKI
Wacana Fasilitas Pengolahan Sampah Bantargebang, DPRD DKI Singgung Proyek ITF Mandek

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami