Sikap netral Agus Yudhoyono patahkan klaim Anies Baswedan

Sikap netral Agus Yudhoyono patahkan klaim Anies Baswedan
JAKARTA | 16 Maret 2017 15:50 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Tim Pemenangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat menilai, keputusan Agus Harimurti Yudhoyono memilih netral dalam putaran kedua pilgub DKI Jakarta, patut diberikan apresiasi yang tinggi. Keputusan itu tentu telah dipikirkan secara matang oleh pasangan Sylviana Murni itu dan timnya demi kemaslahatan rakyat.

Juru Bicara Tim Pemenangan Basuki-Djarot Raja Juli Antoni mengatakan, keputusan itu juga menghancurkan 'mitos-mitos politik' yang diciptakan pasangan calon nomor tiga Anies Baswedan. Karena selama ini, 17 persen suara Agus otomatis berpindah ke Anies karena kesamaan sentimen yang dibangun selama kampanye putaran pertama.

"Paslon nomor tiga sering bilang bahwa 56 persen pemilih Jakarta (39 persen pemilih Anies-Sandi ditambah 17 persen pemilih AHY-Sylvi) adalah antiAhok. Keputusan Mas Agus tidak mendukung Mas Anies dengan tetap menjaga netralitas mengacurkan mitos politik yang diciptakan itu salah, sekaligus menunjukan bahwa Mas Agus calon pemimpin masa depan yang bukan subordinasi Mas Anies," kata di Rumah Pemenangan Cemara, Jakarta Pusat, Kamis (16/3).

Dia menambahkan, sikap netral Agus justru membuka peluang yang lebih besar perpindahan suara pendukung kepada Ahok-Djarot. Sehingga Toni merasa perlu mengucapkan terima kasih kepada Partai Demokrat yang memiliki sudut pandang serupa.

"17 Persen pemilih Mas AHY profilnya adalah para nasionalis dan Islam moderat. Sulit membayangkan secara ideologis mereka bergabung dengan para pendukung Mas Anies-Sandi yang profil ideologis berbeda," tutupnya. (mdk/rnd)

Baca juga:

Gerindra optimis dukungan Perindo mampu dongkrak suara Anies

Djarot puji sikap politik Agus Yudhoyono dan Demokrat bebaskan kader

Jubir Ahok-Djarot sebut tak semua trah Soeharto dukung Anies-Sandi

Mengungkap kedekatan Ahok dengan umat muslim

Kubu Ahok klaim dapat dukungan dari adik tiri Soeharto Probosutedjo

Saat Ahok kutip lagu Kali Kedua Raisa dan sebut Gusti Allah Ora Sare

AHY bebaskan timses & kader Demokrat tentukan pilihan di pilgub DKI

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami