Soal IMB di Pulau Reklamasi, Luhut Yakin Anies Tahu Apa yang Dilakukan

JAKARTA | 25 Juni 2019 14:30 Reporter : Sania Mashabi

Merdeka.com - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku akan mendukung pembangunan di pulau reklamasi yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun, dukungan itu diberikan jika pembangunan reklamasi sesuai dengan Undang-Undang yang ada.

"Ya kalau itu dia memang itu sesuai dengan aturan per Undang-Undangan ya kita dukung saja," kata Luhut di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/6).

Meski begitu, Luhut menyerahkan sepenuhnya pada masalah dibangun tidaknya reklamasi kepada Gubernur. Kata dia, Anies sudah tahu apa yang harus diperbuat.

"Itu udah urusannya di provinsi, kita enggak usah mencampuri. Saya kira Pak Gubernur tahu apa yang harus dia buat," ungkapnya.

Terkait Anies yang melanggar janji kampanye untuk menghentikan reklamasi Luhut pun enggan berbicara banyak. Dia menyerahkan sepenuhnya pada Anies.

"Ya kalau itu tanya saja beliau. Saya tidak ingin berkomentar yang tidak di bidang saya," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Pulau D atau Kawasan Pantai Maju. DKI Jakarta menjadi salah satu pihak dalam Perjanjian Kerjasama sekaligus regulator.

Saat penerbitan IMB menjadi sorotan, Anies pun melontarkan pembelaan. Mulai dari penerbitan IMB dan reklamasi adalah dua hal yang berbeda hingga hasil reklamasi disebut pantai bukan pulau.

Baca juga:
Polda Sulsel Sidik Kasus Reklamasi Pantai di Kabupaten Barru
Anies Pastikan Penataan Lahan Hasil Reklamasi Tak Masuk Raperda Zonasi Pulau
Diprotes Karena Terbitkan IMB Pulau Reklamasi, Anies Tegaskan Hanya Ikut Aturan
Penjelasan Lengkap Anies Baswedan saat 'Diserang' Isu Reklamasi
Aksi Jalan Mundur Protes Anies Baswedan Terbitkan IMB Reklamasi
Ogah Silang Pendapat, Luhut Enggan Komentari Anies Baswedan Soal Reklamasi
'Ahok dan Anies Berkontribusi pada Reklamasi yang Mengancam Kehidupan Warga'

(mdk/rnd)