Syarat dan Cara Pendaftaran Balapan Street Race yang Digelar Polda Metro Jaya

Syarat dan Cara Pendaftaran Balapan Street Race yang Digelar Polda Metro Jaya
Balap Street Race di Ancol. ©2022 Merdeka.com
JAKARTA | 16 Januari 2022 18:34 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Sebanyak 350 pebalap silih berganti memacu motornya untuk menjajal lintasan lurus dalam ajang Balap Street Race Polda Metro Jaya di jalan Inspeksi Kali Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1).

Ari Banda selaku salah satu panitia acara ini menjelaskan syarat yang harus dipenuhi para pebalap alias joki memacu motornya di lintasan. Mereka harus mendaftar terlebih dahulu secara online melalui loket.com.

"Setelah daftar online, pebalap nantinya bakal registrasi ulang di sini. Untuk mendapatkan nomor dan dilakukan pengecekan kendaraan oleh panitia," kata Ari ditemui di lokasi.

balap street race di ancol

Setelah dilakukan pengecekan dan motor dinyatakan lolos dan layak untuk melaju di lintasan, akan diberikan kode sesuai delapan kategori. Yakni Bebek 2 tak; Bebek 4 tak; Sport 2 tak; Sport 4 tak; Matik 4 tak; Vespa 2 tak; FFA (Free For All); Sunmori (ban besar, lampu menyala).

"Barulah mereka bisa untuk memasuki lintasan. Dan untuk kategori ini kita gabung semuanya, kecuali sunmori yang kita pisah karena banyak ya," ujarnya.

Dari data yang ada tercatat sebanyak 13 motor terdaftar untuk kategori 2tak+vespa 2tak; 22 motor bebek kategori 4tak; 44 motor sport kategori 2tak; 17 motor sport kategori 4tak; 48 motor matic kategori 4tak; 1 motor vespa kategori 2tak.

Sedangkan untuk kategori, FFA (Free For All) yang bebas tidak ada syarat khusus bagi spesifikasi motornya sebanyaK 19 motor. Sedangkan untuk kategori Sunmori (Ban besar+lampu menyala) sebanyak 183 motor.

Setelah semua tahapan persyaratan dilengkapi, barulah para pebalap bisa menjajal kendaraannya melaju di lintasan sepanjang 800 meter, dari garis start hingga sampai ke finish.

Adapun beberapa syarat keselamatan bagi setiap peserta yang harus dipenuhi yakni:
- Wajib menggunakan helm full face
- Wajib menggunakan minimal jaket dan celana panjang berbahan jeans tebal atau baju overall balap
- Wajib menggunakan sarung tangan
- Wajib menggunakan sepatu
- Wajib memastikan rem berfungsi dengan baik
- Peserta yang masih di bawah umur wajib melampirkan surat pernyataan orang tua
- Tidak akan dilakukan pengecekan surat-surat kendaraan

Pendaftaran dilakukan di laman loket.com. Adapun biaya pendaftaran Rp100.000. Berikut langkah-langkah registrasi Streetrace Polda Metro Jaya:

1.Buka laman loket.com
2.Ketik LATBER Street Race
3.Klik kategori tiket
4.Klik tiket Joki
5.Isi tanggal kedatangan
6.Isi informasi personal mulai nama, email, bengkel serta kelas yang dipilih 7.konfirmasi, dan lakukan pembayaran.

2 dari 2 halaman

Bakal Kembali Digelar

Pihak Polda Metro Jaya setelah resmi menggelar event perdana balapan Street Race di kawasan Ancol, kini Polda Metro Jaya telah mendidik lokasi lain untuk membuat acara ini menjadi rutin di beberapa wilayah lainnya.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyampaikan setidaknya ada tiga lokasi yang tengah disiapkan berada di sekitar Bumi Serpong Tanggerang (BSD), Serpong, di Bekasi, dan Tangerang.

"Dengan event seperti ini mungkin bukan depan kita akan laksanakan di BSD, bulan depannya lagi di Bekasi, Tanggerang," kata Sambodo saat ditemui wartawan, di lokasi Street Race, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1).

Namun Sambodo masih belum bisa menyampaikan detil lokasinya. Karena ketiga wilayah tersebut masih akan dilakukan pengecekan terlebih dahulu.

"Sudah-sudah tentu, sesuai perintah Bapak Kapolda seluruh polres mencari, lintasan seperti ini. Bersamaan dengan komunitas kita akan melakukan pengecekan, apakah lokasi itu layak atau tidak digunakan," ujarnya. (mdk/noe)

Baca juga:
Cegah Dijadikan Ajang Judi, Balap Street Race Disiapkan hadiah Motor Hingga TV
Cerita Joki Balap di Ancol: Sekarang Lebih Nyaman Enggak Diuber-uber Polisi
Polda Metro Berharap Balap Motor Jalanan Mampu Minimalisir Kecelakaan
Kelakar Bamsoet: Mudah-mudahan Ketua DPRD DKI Nanti Tak Keberatan Formula E di Ancol
Tak Hanya di Ancol, Polda Metro Bakal Gelar Balap Motor di Tangsel dan Bekasi
Balap Motor di Ancol Resmi Dibuka, Ketua IMI Harap Jadi Role Model Polda Indonesia
Balapan Perdana Diguyur Hujan, Begini Penampakan Arena Balap Motor di Ancol

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami