Tak Ada IMB, Rumah Korban Tanah Longsor di Kalisari Akan Dibongkar

JAKARTA | 27 November 2018 11:26 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan Pemprov DKI akan membongkar rumah rubuh akibat tanah longsor di Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Hasil pengecekan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di lokasi menyebut bangunan itu berdiri di kawasan hijau dan tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Ini bangunan-bangunan yang dibangun tanpa izin dan tidak memperhitungkan kekuatan struktur," ujar Anies, Selasa (27/11).

Anies mengatakan Pemprov akan melakukan audit sebelum membongkar rumah tak berizin di lahan hijau. "Ketiga rumah-rumah yang berada di pinggir tanggul akan kita review akan kita audit semuanya dan bila tempat ini adalah tempat berisiko maka bangunan-bangunan itu harus dibongkar. Kalau tidak malah berisiko," tutur Anies.

Mantan Mendikbud itu mempersilakan warga yang memiliki hunian di kawasan longsor itu untuk pindah. "Jadi bagi yang tinggal di situ punya pilihan. Pilihannya terjadi seperti ini atau pindah ke tempat lain yang lebih aman," tegasnya.

Dia mengingatkan pada warga agar tak sembarangan mendirikan rumah, apalagi yang tidak berizin. "Kalau tidak diizinkan berarti ada risiko, jadi jangan membangun sesuatu yang tidak dapat izin. Kenapa pemerintah melarang? Pasti ada pertimbangan," tegas Anies.

Sebelumnya, satu rumah runtuh akibat tanah longsor di Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, saat hujan deras mengguyur pada Senin sore kemarin.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Parahnya Kondisi Rumah yang Longsor di Pasar Rebo
Petugas Mulai Bersihkan Puing Rumah Longsor di Kalisari Pasar Rebo
Longsor di Kalisari, Anies Sebut Mayoritas Bangunan Tak Dilengkapi IMB
Longsor Buat Tembok Penahan Tanah di Garut Ambruk, 1 Rumah Warga Rusak
Tanah Longsor Di Perumahan Kalisari Akibat Hujan Lebat
3 Korban Longsor di Nias Selatan Tidak Ditemukan, Pencarian Dihentikan
Hasil Pemantauan Anies, Ini Sebab Rumah Amblas di Bantaran Kali Ciliwung

(mdk/lia)