Tambah Area Hijau, Parkiran Monas akan Dihilangkan

JAKARTA | 17 Januari 2020 17:49 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monumen Nasional akan meniadakan area parkir. Fungsi lahan parkir akan diubah menjadi kawasan hijau.

Kepala UPK Monas, Isa Sanuri, mengatakan alih fungsi itu merupakan rangkaian dari proyek revitalisasi Monas. Saat ini revitalisasi Monas memasuki tahap pertama, dari tiga tahapan revitalisasi.

"Itu sudah bagian dari master plan-nya bahwa dia bagian selatan, bagian tugu. Ini (pekerjaan revitalisasi) tahun 2019, nanti sisanya bagian sisi selatan IRTI bakal jadi jalur hijau," kata Isa kepada merdeka.com, Jumat (17/1).

Ia juga memastikan bahwa ratusan pohon yang sudah ditebang akibat dampak revitalisasi di sisi selatan Monas akan dikembalikan di tempat semula.

Isa menuturkan ketiadaan lahan parkir sebagai upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengkampanyekan masyarakat menggunakan transportasi umum dalam mobilitas. Sebab, imbuhnya, kawasan Monas akan terintegrasi dengan seluruh moda transportasi umum seperti Moda Raya Terpadu (MRT), Trans jakarta, dan kereta listrik.

Namun, peniadaan lahan parkir tidak akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Hal ini sesuai dengan tahapan fase revitalisasi sepanjang tiga tahun.

"Belum, ini masih proses, masih berlanjut. Tahapan ini kan tiga tahun," jelas dia.

1 dari 1 halaman

Revitalisasi Monas Dikritik

Revitalisasi kawasan Monas mendapat kritik dari berbagai pihak. Terutama penebangan pohon yang menghilangkan kesan sejuk Monas.

Isa tak memungkiri adanya penebangan pohon untuk proyek revitalisasi Monas. Namun ia menjamin, akan kembali menempatkan pohon yang ditebang pada area revitalisasi Monas, tepatnya di sisi selatan.

"Dikembalikan lagi nanti fungsinya. Itu kan bahan revitalisasi, karena itu memang bagian dari hasil sayembara, itu dibuat plaza, kemudian nanti akan ditanam kembali di kawasan yang memang ada sekarang," kata Isa.

Pantauan merdeka.com area revitalisasi tahap pertama berada di sisi selatan Monas, atau dekat dengan patung pintu masuk parkir IRTI Monas. Isa mengatakan, pekerjaan revitalisasi ditargetkan selesai Februari.

"Target Februari selesai," tutup dia.

(mdk/lia)

Baca juga:
VIDEO: Revitalisasi Monas Dikritik, Pemprov DKI Bakal Kembalikan Pohon yang Ditebang
Terdampak Revitalisasi, Ratusan Pepohonan di Sisi Selatan Monas Ditebang
Hujan, Warga Tetap Antusias Saksikan Video Mapping Tahun Baru 2020 di Monas
Satpol PP Bakal 'Pelototi' Copet di Monas saat Malam Tahun Baru 2020
Libur Akhir Tahun, Monas Gelar Pertunjukan Video Mapping

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.