Tan Group Apresiasi Kepedulian Pemprov DKI Terhadap Para Musisi Cafe

Tan Group Apresiasi Kepedulian Pemprov DKI Terhadap Para Musisi Cafe
JAKARTA | 11 Juli 2020 21:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta telah mengeluarkan Surat Edaran yang ditandatangani Kadis Parekraf Cucu Ahmad Kurnia, bernomor 2015/-1.858.2 tanggal 9 Juli 2020. Isinya tentang pemberdayaan musisi kafe.

Merespon adanya surat tersebut, Pemilik Tan Group, Ricky Tan, mengapresiasi kebijakan dan komitmen Gubernur DKI melalui Kepala Dinas Disparekaf yang telah mengeluarkan surat edaran itu. Ia menilai, surat tersebut bertujuan agar para musisi bisa kembali bekerja dengan kaidah normal yang mengacu pada protokol kesehatan saat ini.

"Tan Group sejak awal masa PSBB transisi, sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Parekaf DKI mengenai penggunaan layar untuk menampilkan karya musisi agar mata pencarian mereka tidak terputus. Apabila kami hanya mencari hemat, kami bisa saja menayangkan band internasional via youtube di layar kami, malah tidak perlu bayar. Namun, ini adalah bentuk balas budi kami kepada para musisi yang berjasa dari awal kami memulai usaha," ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (11/7).

Ricky Tan berharap, metode ini bisa diterapkan oleh semua pelaku usaha restoran. Hal itu dimaksudkan agar semua musisi bisa mendapatkan kesempatan bekerja kembali.

"Pandemi ini adalah musibah, sekarang waktunya kita saling bantu," ungkapnya.

Seperti dijelaskan dalam surat edaran, Dinas Parekraf menyebut pandemi Covid-19 mengakibatkan lumpuhnya aktivitas ekonomi sehingga banyak tenaga kerja harian yang kehilangan pekerjaan, termasuk pada musisi/band kafe di Jakarta. Mengingat, penyelenggaraan kegiatan musik hidup/pub belum diperkenankan beroperasi di Jakarta, dinas mengimbau agar mereka tetap diberdayakan.

"Menayangkan penampilan para musisi/band di tempat usaha yang saudara kelola melalui monitor televisi, screen (layar) dan LED yang telah direkam sebelumnya," kata Cucu berdasarkan dokumen yang dikutip pada Jumat (10/7/2020).

Bila kafe tidak bisa menayangkan rekaman para musisi itu, mereka dapat menampilkan band musik secara virtual atau live streaming. Di akhir suratnya, Cucu berharap permintaan itu dapat direalisasikan di tempat usaha pemilik kafe untuk membantu perekonomian para musisi atau band musik di DKI Jakarta.

Adapun surat tersebut ditembuskan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah, Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin dan Kesbangpol DKI Taufan Bakri. (mdk/bal)

Baca juga:
Sambut Tahun Ajaran Baru, Disdik DKI Luncurkan 'Siap Belajar Jakarta'
Soal Reklamasi Ancol, Anies Bilang 'Sama Sekali Tidak Mengingkari Janji'
Beda dengan Reklamasi 17 Pulau, Anies Sebut Pemanfaatan Reklamasi Ancol untuk Rakyat
Anies Bicara Soal Reklamasi Ancol: Untuk Melindungi Warga Jakarta dari Bencana Banjir
Cegah Banjir, Pemprov DKI Janji Percepat Pembebasan Lahan dan Bangun Sheet Pile

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami