Tercatat 264.000 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek saat Libur Imlek 2021

Tercatat 264.000 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek saat Libur Imlek 2021
Gerbang tol Pondok Ranji. ©2021 Liputan6.com/Johan Tallo
JAKARTA | 13 Februari 2021 17:23 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - PT Jasamarga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 264.458 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada H-1 dan H libur Tahun Baru Imlek (11-12 Februari 2021). Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan) dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini turun 8 persen jika dibandingkan lalin normal," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasamarga, Dwimawan Heru dalam keterangannya, Sabtu (13/2).

Ia menyebut, untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta dari ketiga arah yaitu sebanyak 135.280 menuju arah Timur, 69.034 kendaraan menuju arah Barat dan 60.144 kendaraan menuju arah Selatan.

"Arah Timur, GT Cikampek Utama 1, dengan jumlah 67.317 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik sebesar 5 persen dari lalin normal. GT Kalihurip Utama 1, dengan jumlah 67.963 kendaraan meninggalkan Jakarta, naik 6,6 persen dari lalin normal," sebutnya.

"Total kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur adalah sebanyak 135.280 kendaraan, naik sebesar 5,8 persen dari lalin normal," sambungnya.

Kemudian, untuk arah Barat kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 69.034 kendaraan, turun 26,2 persen dari lalin normal.

"Sementara itu, arah Selatan jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta menuju arah Selatan atau Lokal melalui GT Ciawi 1 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 60.144 kendaraan, turun sebesar 9 persen dari lalin normal," ujarnya.

Pihaknya mengimbau kepada para pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

"Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," pungkasnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Libur Panjang Saat Pandemi, Ragunan Tutup, Ancol & TMII Tetap Buka untuk Umum
Libur Imlek, Destinasi Wisata di Pangandaran Tetap Dibuka
Operasi Yustisi, 300 Kendaraan Menuju Bandung Diputarbalik
Libur Imlek, Penumpang Tujuan Bandara I Gusti Ngurah Rai Meningkat
Masuk Kabupaten Bandung, Pengendara Lewati 3 Check Point Pemeriksaan Covid-19
Libur Imlek di Rumah Saja, Ini Wisata Jakarta yang Bisa Dikunjungi Secara Virtual

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami