Tim Komrah Tinjau Monas, Investigasi Penebangan Pohon dan Pengaspalan

Tim Komrah Tinjau Monas, Investigasi Penebangan Pohon dan Pengaspalan
JAKARTA | 26 Februari 2020 08:24 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Penebangan pohon dan pengaspalan di Monas berbuntut panjang. Program revitalisasi Pemprov DKI Jakarta ini diduga melanggar UU Cagar Budaya.

Komisi Pengarah (Komrah) menerjunkan tim untuk menginvestigasi dugaan pelanggaran hukum yang dilakukan Pemprov DKI tersebut. Rencananya, pagi ini Rabu (25/2), Komrah mengambil sampel revitalisasi Monas.

Komrah dipimpin Mensesneg Pratikno. Anggotanya sejumlah menteri, di antaranya Menteri KLHK Siti Nurbaya dan Mendikbud Nadiem Makarim. Sekretaris Komrah yakni Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Iya hari ini saya sebagai anggota tim asistensi komrah mendapat mandat untuk melakukan verifikasi dan sampling pada lokasi bekas penebangan dan pengaspalan," kata Tim asistensi Komrah KLHK Prof Bambang Hero saat dihubungi merdeka.com, Rabu (26/2).

Dia menjelaskan, apa yang telah dilakukan oleh Pemprov DKI dalam menebang pohon dan pengaspalan di Monas harusnya berdasarkan kajian terlebih dahulu. Namun hingga kini, belum ada kajian. Sebab kawasan Monas merupakan daerah Cagar Budaya.

"Sampai hari ini studi kelayakan bahkan kajian analisis mengenai dampak lingkungan seperti dipersyaratkan pasal 86 UU no.11 thn 2010 tentang cagar budaya belum mereka lakukan tetapi mereka (Pemprov DKI) sudah melakukan kegiatan," sesal Bambang.

Pemprov DKI tengah bersiap diri untuk menggelar event internasional balapan Formula E di Monas. Masalahnya, Monas merupakan Cagar Budaya. Hal ini menuai polemik dan penolakan berbagai pihak.

Bambang menyayangkan, Pemprov DKI dan penyelenggara, JakPro telah dipanggil dimintai klarifikasi namun tidak hadir.

"Kemarin pun mereka (Kadis budaya DKI dan direktur jakpro) diundang ke KLHK oleh tim asistensi komrah tidak datang," tutur Bambang.

Baca Selanjutnya: Analisis Laboratorium...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami