Tinjau Pengungsi Kebakaran di Jatinegara, Anies Pastikan Kesehatan Warga Baik

JAKARTA | 22 September 2019 17:49 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan meninjau lokasi kebakaran di Kampung Bendungan Kelurahan Balimester dan Rawabunga, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (22/9). Anies mengatakan, aparat akan segera menyelesaikan penyelidikan penyebab kebakaran.

"Di sini ada 2 RW yang terkena. Dan sekitar 159 KK (kepala keluarga), dan 452 jiwa. Nah, kejadiannya malam. Aparat akan menuntaskan penyelidikannya," kata Anies di lokasi.

Anies menjelaskan, kejadian berawal dari meletupnya alat charging. Dia pun mengingatkan agar warga menjadikan hal ini hikmah serta peringatan supaya semua alat elektronik dijaga.

Selain itu, Anies pun akan memastikan seluruh kebutuhan administrasi penduduk akan disiapkan penggantinya. "Apapun surat yang hilang akan dibantu untuk diadakan kembali. Fase ini pembersihan," ujar dia.

Anies pun sempat mengunjungi korban yang saat ini berada di tempat pengungsian. Yaitu sebuah masjid yang tak jauh dari lokasi kebakaran.

"Saya tadi meninjau ketemu dengan korban. Mereka secara umum kondisi kesehatannya baik. Itu yang paling penting," ungkapnya.

"Kita berharap bisa segera dibangun kembali (rumah warga)," lanjut Anies.

Sebagai salah satu solusi dan pencegahan, Anies menyatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan memberikan markah-markah di rumah kampung yang memiliki resiko kebakaran. Namun soal relokasi, pihaknya belum ada rencana.

"Pembersihan dulu kemudian kebutuhan surat. Asupan pangan disiapkan. Baru bicara penataan. Belum ada pembicaraan soal relokasi," kata dia.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat

Baca juga:
VIDEO: Ratusan Rumah di Jatinegara Ludes Terbakar
Anies Janji Ganti Dokumen Penting Milik Warga Jatinegara Korban Kebakaran
Korban Kebakaran Jatinegara Butuh Obat Nyamuk dan Kipas Angin
Ratusan Rumah di Jatinegara Jaktim Terbakar, 452 Warga Mengungsi
Kondisi Ratusan Rumah di Jatinegara yang Ludes Terbakar
60 Rumah di Jatinegara Terbakar, Diduga Karena Korsleting Listrik
Wawali Jaktim Sebut Kebakaran di Jatinegara Akibat Charge Handphone

(mdk/gil)