TNI Gelar Rapid Test di Petamburan: Jika Warga Tak Datang, Kami 'Jemput Bola'

TNI Gelar Rapid Test di Petamburan: Jika Warga Tak Datang, Kami 'Jemput Bola'
JAKARTA | 27 November 2020 16:37 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Memperingati Hari Ulang Tahun Kodam Jaya, Kodim 0501 JP/BS menggelar tes cepat COVID-19 massal di Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tes cepat tersebut disebar ke empat titik kawasan tersebut, dengan menargetkan 1.000 warga yang memeriksakan kesehatannya.

"Kami paham banyak warga yang mungkin takut dengan hasilnya nanti. Tapi kami menjamin setelah rapid test apabila reaktif, akan kami beri perawatan," ujar Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Luqman Arief di Jakarta, Jumat (27/11).

Luqman mengatakan tes cepat COVID-19 digelar seharian ini. Tes kali ini akan jauh lebih efektif lantaran personel TNI, Polisi, Petugas Puskesmas, dan SKPD Kelurahan Petamburan akan melakukan jemput bola ke masyarakat sekitar.

"Apabila mereka tidak datang untuk 'rapid test' maka akan kami hampiri dan bujuk," ujar Luqman.

Lokasi tes cepat yakni di depan lapangan BMW persis depan Kelurahan Petamburan, lapangan RT 5 RW 4, lapangan futsal RT 15 RW 4 dan sekolah SD 01 Petamburan.

Luqman mengatakan pemeriksaan lebih dini akan potensi COVID-19 jauh lebih baik dibanding mengabaikan penyebaran virus tersebut.

Apabila hasil tes cepat warga dinyatakan reaktif, maka pihak dari Kodim 0501/JP akan melanjutkan dengan tes usap antigen COVID-19.

Pihak Puskesmas Tanah Abang juga menyediakan ruang isolasi di Wisma Atlet atau Hotel yang sudah ditetapkan pemerintah untuk warga.

Kegiatan lainnya dalam tes cepat massal bagi warga di Petamburan yakni penyemprotan cairan disinfektan, pengecetan kampung, dan pembagian sembako kepada warga yang memeriksakan kesehatannya. (mdk/ded)

Baca juga:
Cara Mencegah Virus Covid-19 Usai Berbelanja di Pasar
Update 27 November: Rekor Lagi, Kasus Covd-19 Bertambah 5.828 Orang
Kapolsek dan Wakapolsek Tanah Abang sembuh dari Covid-19
1.500 Undangan Haul Syekh Abdul Qadir Jailani di Tangerang akan Di-Rapid Test
Anggota DPRD Jabar Fraksi PKS Meninggal Dunia Karena Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami